13 Nyawa Melayang Selama Operasi Ramadniyah Semeru 2017

0
Korban luka akibat kecelakaan lalu lintas ketika mendapat perawatan medis. (rohman)

halopantura.com Tuban – Selama arus mudik dan arus balik lebaran 2017, korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Tuban sebanyak 13 orang. Jumlah korban meninggal dunia itu menurun di banding tahun sebelumnya yang mencapai 15 orang meninggal akibat kecelakaan.

Selama operasi itu, Polres Tuban di tahun ini juga berhasil menekan jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas. Pada tahun sebelumnya angka kecelakan mencapai 74 kejadian, dan di tahun ini ada 65 kejadian.

“Selama operasi Ramadniyah Semeru 2017, angka kecelakan di Tuban menurun di banding tahun seeblumnya,” terang AKP Eko Iskandar, Kasat Lantas Polres Tuban, Jum’at, (7/7/2017).

Baca : https://www.halopantura.com/hari-raya-idul-fitri-peristiwa-kecelakaan-di-tuban-ada-5-kejadian/

Menurutnya, turunya jumlah angka kecelakaan di tahun ini dikeranakan para pengguna jalan sadar akan pentingnya keselamatan berkendaraan. Serta anggota terus berupaya melakukan sosialiasi tentang keamanan berlalu lintas dan anggota melakukan patroli dibeberapa titik rawan kecelakaan.

“Selain itu, pemasangan replika kendaran mobil pantroli lalu lintas di beberapa titik juga menjadi faktor angka kecelakan menurun selama operasi itu,” tambah Kasat Lantas Polres Tuban.

Namun begitu, Kasat Lantas Polres Tuban menjelaskan bahwa penyebab utama kejalakan lalu lintas di Tuban dikeranakan kelalaian manusia atau pengendara. Seperti contoh, pengedara melanggar peraturan lalu lintas yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan.

“Kecelakaan selama operasi ramadniyah itu masih di dominasi kendaran roda dua,” jelas Kasat Lantas kepada wartawan ini.

Dalam rangka menekan angka kecelakan, Kasat Lantas mengaku telah melakukan kordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Tuban. Salah satunya tetang rencana akan adanya pemasangan pita kejut. Direncanakan akan di pasang di Jalur Pantura yang berada Kecamatan Jenu, jalan Letda Sucipto, dan beberapa jalur rawan kecelakaan lainnya.

“Pemasangan pita kejut itu juga dapat menekan angka kecelakaan, dan kita berharap pengguna jalan untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang ada. Sehingga kecelakaan lalu lintas dapat di hindari,” harap Kasat Lantas Polres Tuban. (rohman)

Tinggalkan Balasan