21 Pelajar Ring Satu Kilang Minyak Tuban Terima Beasiswa di PEM Akamigas Cepu

0
Pelepasan peserta program Diploma III PEM Akamigas Cepu di salah satu hotel Basra Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – PT Pertamina (Persero) terus memberikan kontribusi positif buat masyarakat. Kali ini, perusahaan plat merah itu memberikan bantuan beasiswa kepada 21 pelajar berprestasi yang tinggal di ring satu rencana pembangunan Kilang Minyak Grass Root Refinery (GRR) Tuban, Jatim.

Para siswa yang mendapatkan beasiswa gratis itu berasal dari lima desa, meliputi Wadung, Kaliuntu, Sumurgeneng, Rawasan, dan Mentoso, yang kesemuanya masuk wilayah Kecamatan Jenu, Tuban.

Penerima beasiswa itu akan menempuh program Diploma III di Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu, di Blora, Jawa Tengah. Semua biaya pendidikan ditanggung penuh oleh Pertamina melalui program tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporation Social Responsibility (CSR).

“Semua biaya ditanggung perusahaan, biaya setiap semester Rp 58 juta untuk satu siswa,” ungkap Azwar Sahidin, Manager Human Capital Partner Pertamina (Persero) dalam acara pelepasan peserta program Diploma III PEM Akamigas Cepu di salah satu hotel Basra Tuban, Jumat, (26/7/2019).

Menurutnya, seleksi awal dari program beasiswa itu diterima 51 siswa. Selanjutnya, mereka mendapatkan bimbingan di Primagama untuk menghadapi seleksi di PEM Akamigas Cepu.

“Hasil seleksi dari 51 siswa, yang bisa diterima di PEM Akamigas Cepu sebanyak 21 siswa. Semua selesai itu dilakukan secara terbuka,” ungkapnya.

Hal sama juga di sampaikan Hery Yuwanto, Senior Manager Mega Proyek Pengolahan dan Petrokimia GRR Tuban. Ia menjelaskan program itu disampaikan terbuka dan transparan buat masyarakat Jenu.

“Kita berharap keberadaan kilang ini memberikan manfaat secara langsung buat masyarakat, salah satunya adanya program tersebut,” ungkap Hery Yuwanto.

Ia berpesan agar adik-adik yang menerima beasiswa bisa belajar dengan serius dan orang tua memberikan dukungan penuh supaya bisa menyelesaikan pendidikan dengan baik. Sehingga nantinya bisa berpeluang untuk bekerja di GGR Tuban jika sudah berdiri.

“Kita terus menyiapkan SDM masyarakat sebelum pembangunan kilang, salah satunya memberikan pendidikan dengan beasiswa ini,” tegasnya.

Pemberian program beasiswa itu di sambut baik oleh Pemkab Tuban, dan berharap di tahun berikutnya tetap dilanjutkan program tersebut.

“Kita berharap program ini bisa berlanjut dan tidak berhenti di tahun ini aja, terus dilanjutkan,” ungkap Camat Jenu Moh. Maftuchin Reza.

Lebih lanjut, ia pun meminta agar Pertamina terus melakukan koordinasi yang baik kepada Pemkab, masyarakat dan pihak-pihak terkaitnya. Tujuannya, ketika ada program yang berkaitan dengan masyarakat bisa tersampaikan dengan baik.

“Sinergi ini harus tetap ditingkatkan, agar program Pertamina bisa tersampaikan secara menyeluruh kepada masyarakat,” pungkasnya. (rohman)

21 pelajar Tuban penerimaan beasiswa dari Pertamina. (rohman)

Tinggalkan Balasan