Ajak Jaga Kerukunan, Tokoh Agama Apresiasi Pemilu di Tuban Berjalan Lancar

0
Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2019 di kantor KPU Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Sejumlah tokoh agama mengajak semua masyarakat untuk kembali menjaga kerukunan pasca rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2019 yang telah dilakukan KPU Kabupaten Tuban. Sebab, pelaksanaan pleno terbuka itu telah berlangsung secara transparan, jujur, dan adil.

Selain itu, para tokoh agama di Tuban juga memberikan apresiasi atas tahapan proses pemilu 2019 yang berjalan lancar dan aman, berkat sinergitas yang baik dari semua pihak. Hal itu disampaikan KH Kholilurrohman, Rais Syuriah PC NU Tuban.

“Kita apresiasi kinerja penyelenggaran pemilu KPU dan Bawaslu, karena pelaksanaan Pemilu di Tuban telah selesai dan semua berjalan lancar dan baik.” ungkap KH Kholilurrohman, Jumat, (3/5/2019).

Menurutnya, Pemilu di Tuban kemarin mungkin terjadi perbedaan politik ditengah-tengah masyarakat. Namun, dengan telah berakhirnya pemungutan suara maka diharapkan semua mengesampingkan rasa ego, termasuk terkait perbedaan pandangan politik.

“Mari kembali menjaga kerukunan di Bumi Wali Tuban ini,” ungkap KH Kholilurrohman.

Ia meminta kepada masyarakat percaya sepenuhnya kepada KPU selaku penyelenggara. Karena mereka telah disumpah untuk menjalankan tugasnya dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku.

“Kita menyerahkan kelanjutan dari pada penghitungan suara kepada meraka (KPU,red) dan mempercayai mereka yang telah disumpah. Mudah-mudahan dapat berjalan dengan baik,” pesan Rais Syuriah PC NU Tuban.

Hal sama juga disampaikan Nurul Yakin Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Tuban. Ia mengungkapkan pemungutan surat suara Pemilu di Tuban ini telah berjalan dengan baik.

“Alhamdulillah, pemungutan suara telah berjalan baik, mari kita ciptakan suasana yang kondusif di bumi wali ini,” ungkap Nurul Yakin.

Lebih lanjut, ia juga meminta agar masyarakat tetap bersabar dan menahan diri hingga menunggu keputusan resmi dari KPU. Jika pun nanti ada keberatan terkait hasil pemilu 2019 bisa disampaikan sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Apa pun keputusan KPU  mari kita terima dengan lapang  dada. Jika ada keberatan, bisa disampaikan sesuai aturan yang berlaku,” jelasnya.

Sebatas diketahui, proses rekapitulasi suara Pemilu 2019 di Kabupaten Tuban telah selesai, Jumat (3/5/2019). Rapat pleno terbuka yang digelar KPU Tuban itu berlangsung selama tiga hari.

Hasil rekapitulasi tingkat kabupaten langsung dikirim ke Provinsi Jatim dengan pengawalan ketat dari aparat keamanan.

Dari perhitungan itu untuk suara Pilpres, paslon 01 Jokowi-Ma’ruf mendapatkan 533.704 suara atau mencapai 73,13 persen. Sedangkan Prabowo-Sandi meraih 196.103 suara atau 26,87 persen.

Dari jumlah itu, surat suara yang sah mencapai 729.807 suara. Sementara jumlah suara tidak sah mencapai 39.666 suara.

Sedangkan jumlah hak pilih yang ada dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tuban mencapai 946.748 orang. Sementara yang menggunakan hak pilihnya ada 769.473 orang. Yang tidak mencoblos ada 177.275 orang. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here