AKD Tuban Soroti Anggaran Pilkades Serentak Rp 9,4 Miliar

0
Warsito, Ketua AKD Kabupaten Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Tuban, menyoroti anggaran Rp 9,4 miliar yang dikucurkan Pemkab Tuban untuk pelaksanan Pemilihan Kepala (Pilkades) serentak yang akan digelar pada 10 Juli 2019.

Meraka menilai jumlah anggaran tersebut masih jauh kurang untuk pelaksanan Pilkades serentak yang diikuti 274 desa tersebar di 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Kondisi itu disampaikan Warsito, Ketua AKD Kabupaten Tuban.

“Sebetulnya dana tersebut (Rp 9,4 miliar, red) masih kurang karena melihat proses pelaksanaan Pilkades serentak ini berbeda dengan sebelumnya,” ungkap Ketua AKD Tuban, Senin, (11/3/2019).

Menurutnya, meskipun ada dana sharing dari Pemkab Tuban dengan APBDes untuk pelaksanan Pilkades. Tetapi dana yang diberikan Pemkab kepada desa untuk Pilkades belum bisa mengcover semua tahapan yang telah diatur dalam peraturan Bupati.

“Jumlah anggaran Pemkab itu belum bisa mengcover,” tegasnya.

Ia mencontohkan desa yang sudah terlanjur menganggarkan pelaksanan Pilkdes serentang dengan dana kecil melalui APBDes. Namun pelaksanaan Pilkades diikuti lima calon kepala desa maka akan membutuhkan biaya yang besar.

“Itu juga menjadi kendala buat desa,” terang Warsito Kepala Desa Sugihan, Kecamatan Merakurak, Tuban.

Selain itu, ia mengungkapkan jika dalam proses perhitungan suara nanti terjadi perolehan suara sama maka akan dilakukan tes tertulis. Pelaksanaan tes tulis itu membutuhkan biaya pula, walaupun minim terjadi perolehan suara sama.

“Anggaran tes tulis jika ada perolehan suara sama harus diantisipasi oleh panitia desa, jangan sampai tidak ada anggaran,” terangnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan seharusnya diawal ada aturan juklak (petunjuk pelaksanan) tentang penggunaan anggaran total dalam pelaksanan Pilkades serentak. Hal itu memudahkan pihak desa untuk merencanakan anggaran agar tidak terjadi kekurangan dana dalam Pilkades.

“Walupun masih kurang, tetap kita optimis pelaksanan Pilkades srentak di Tuban akan berjalan dengan lancar,” tambah Zito panggilan akrab Ketua AKD Tuban.

Sebatas diketahui, Pemkab  Tuban tengah bersiap menyambut Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar pada 10 Juli 2019.

Pilkades serentak itu diikuti sebanyak 274 desa yang tersebar di 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Dengan disiapkan anggaran sekitar Rp 9,4 miliar bersumber dari APBD Tuban.

Baca : https://www.halopantura.com/pemkab-tuban-kucurkan-rp-94-miliar-untuk-pilkades-serentak/

Sesuai regulasi anggaran Pilkades serentak itu bersumber dari dana APBD dan APBDes. Besaran anggaran untuk pelaksanaan Pilkades yang disediakan Pemkab Tuban disesuaikan dengan jumlah penduduk di masing-masing desa. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here