Amankan Pilkada, Polres Bojonegoro Terjunkan 632 Personil

0
Simulasi pengamanan Pilkada yang dilakukan Polres Bojonegoro. (Galuh Setiyadi)

halopantura.com Bojonegoro – Jumlah personel yang ikut dalam mengamankan Pilkada Kabupaten Bojonegoro 2018 mendatang sebanyak 632 personil Polres Bojonegoro. Selain itu, dibantu TNI sebanyak 545 personil dan 4.816 personil Linmas.

Personil tersebut nantinya mengamankan setiap tahapan Pilkada termasuk pemungutan suara dengan jumlah TPS sebanyak 2.408 TPS.

“Personil gabungan terdiri dari anggota Polres Bojonegoro, Brimob, Pemerintah Kabupaten, Satpol PP, Damkar, TNI, Linmas dan Bojonegoro kampung pesilat,” Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu Sri Bintoro, Jum’at, (5/1/2017).

Demi menciptakan suasana Pilkada aman, Polres Bojonegoro juga gencar melakukan berbagai persiapan. Salah satunya adalah menggelar kegiatan simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) yang berlangsung bertempat di Alun-alun Bojonegoro.

“Simulasi ini untuk melatih anggota dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan terjadi saat Pilkada. Jika hal-hal tidak diinginkan terjadi, kita sudah siap mengatasi dan mengamankannya,” kata Kapolres Bojonegoro.

Saat simulasi dimulai dengan skenario protes puluhan orang pendukung fanatik salah satu pasangan calon mendatangi KPU melakukan protes terhadap keputusan KPU, lantaran tidak lulus persyaratan administrasi menjadi calon.

Kemudian simulasi terjadi kerusuhan saat salah satu paslon menuju tempat kampanye dihadang ratusan massa, namun berkat kesigapan pihak Polres sehingga salah satu paslon itu bisa melaksanakan kampanye dengan aman dan kondusif.

Simulasi kedua, kerusuhan anarkis karena massa dari salah satu pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Barsel merasa proses penghitungan suara terjadi kecurangan dan menyebabkan petugas yang bertugas menjadi kewalahan.

Pada akhirnya massa berhasil diredam oleh petugas dan proses penghitungan suara pun kembali berlangsung aman, tertib dan lancar.

Sedangkan simulasi lainnya, setelah kotak suara dikuasai para perampas dan dalam waktu singkat, polisi mengepung tempat persembunyiannya dan berhasil melumpuhkan pelaku dengan tembakan. (luh/roh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here