Bacagub Puti Guntur Ziarah ke Makam Gus Dur dan Mbah Hasyim

0
Puti Guntur (kanan) berdoa di Makam Tebuireng.

halopantura.com Jombang – Puti Guntur Soekarno, Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Jawa Timur melakukan ziarah ke makam Presiden RI ke KH. Abdurrahman Wahid, di Kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Cukir, Jombang, Jawa Timur, Minggu (21/1/2018).

Begitu tiba di ponpes Tebuireng, dosen Universitas Khokusikhan Jepang itu bersama rombongannya disambut oleh KH. Salahudin Wahid (Gus Sholah) Pengasuh Pondok pesantren setempat. Kemudian, keduanya melakukan pertemuan tertutup.

Usai pertemuan, Bacawagub pasangan Bacagub Saifullah Yusuf itu berziarah ke Pusara Gus Dur dan KH Hasyim Asy’ari. Puti tampak khusyuk berdoa di depan pusara Gus Dur.

Puti mengaku bersyukur masih diberikan kesempatan untuk berziarah ke makam pahlawan nasional tersebut. Selain mendoakan almarhum, menurutnya sekaligus berikhtiar menyerap keteladanan dua tokoh besar tersebut.

“Ini pesan khusus ayah saya, Pak Guntur, untuk berziarah disini. Kakek saya punya sejarah dengan Mbah Hasyim dan para ulama di Indonesia,” ungkap Puti kepada para wartawan.

Ia menambahkan, pada masa dulu, Presiden Soekarno yang tak lain adalah kakeknya sangat menaruh hormat kepada para kiai. Karena dari situlah, ulama-ulama pejuang lahir yang sangat dekat dengan Bung Karno.

“Beliau-beliau adalah ulama besar yang menyebarkan spirit ke-Indonesiaan dalam balutan ajaran agama yang teduh dan mengayomi. Bangsa ini berhutang budi kepada beliau-beliau,” ujarnya. (fin/roh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here