Bakti Sosial PDGI, Seribu Siswa Sikat Gigi Bareng

0
Bupati Tuban H. Fathul Huda mengajak siswa untuk rajin menjaga kesehatan gigi dan mulut.

halopantura.com Tuban – Bupati Tuban H. Fathul Huda menghadiri Bakti Sosial yang diselenggarakan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Pengurus Wilayah Jawa Timur, di lapangan PT. Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) di Desa Remen Kecamatan Jenu, Sabtu, (08/02/2020).

Hadir pula pada kesempatan ini Wakil Bupati Tuban Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si; Dandim 0811, Letkol Infantri Viliala Romadhon; CEO TPPI, Kepala Dinas Kesehatan Jatim, Ketua dan anggota PDGI Jatim, Kepala OPD terkait, serta Camat dan Forkopimka Kecamatan Jenu.

Adapun Bakti sosial yang dilaksanakan berupa sikat gigi masal 1000 siswa, Operasi Bibir Sumbing, Penambalan gigi kepada 500 siswa, perawatan gigi masyarakat, serta santunan anak yatim. Acara ini melibatkan 250 dokter gigi dari sekitar 4000 anggota PDGI se-Jawa Timur, serta 1000 siswa siswi dari 11 Sekolah Dasar di Kecamatan Jenu.

Bupati Tuban menyatakan apresiasinya kepada PDGI yang menyelenggarakan Baksos tersebut, utamanya mengenai pemeliharaan gigi dan mulut secara baik dan benar.

“Kesehatan gigi menjadi penting , karena banyak penyakit yang timbul diawali dari tidak merawat gigi dengan baik,” ungkapnya.

Bupati menginstruksikan, agar sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut terus ditingkatkan. Dimulai dari usia emas anak, hingga setiap ibu rumah tangga.

Di Kabupaten Tuban sendiri dari 20 Kecamatan yang ada, terdapat 33 Puskesmas dimana 30 diantaranya sudah memiliki Dokter Gigi, dan semoga dapat segera diisi kekurangannya secepat mungkin, sedangkan untuk sarana dan prasarananya di semua puskesmas sudah lengkap. Hal ini adalah untuk mendekatkan pelayanan kesehatan, terutama kesehatan gigi dan mulut dengan masyarakat.

Sementara itu, Ketua PDGI Provinsi Jawa Timur drg. Yahya M.Kes mengatakan, bakti sosial tersebut merupakan agenda tahunan dari PDGI yang dilaksanakan sejak tahun 2011 dan tahun ini ditempatkan di Tuban.

Ia menjelaskan, sosialisasi tentang sikat gigi yang baik dan benar menjadi penting dimulai dari anak-anak, sebab menurut penelitian hanya 2,8 persen masyarakat yang menyikat gigi dengan benar. Selain itu, waktu menyikat gigi yang benar adalah juga setiap selesai makan, bukan hanya saat mandi saja, hal ini juga salah satu hal yang harus diketahui oleh masyarakat.

Selain Sosialisasi dan Sikat gigi masal, PDGI juga melaksanakan operasi bibir sumbing, dengan peserta 10 orang pasien. Operasi bibir sumbing dilakukan di RSNU Tuban dan telah dimulai hari Jum’at.

Pada kesempatan ini tidak lupa Ketua PDGI Jatim juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan ini, ia berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan dilain kesempatan. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan