Berawal dari Keluarga, Menuju Bumi Wali Tuban Sehat

0
Bupati Tuban ketika melakukan pemeriksaan medis diacara.

halopantura.com Tuban – Terciptanya keluarga yang sehat dan mandiri menjadi target capaian Bumi Wali sebutan Kabupaten Tuban dalam mengimplementasikan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui pendekatan keluarga. Hal tersebut diungkapkan Bupati Tuban, H. Fathul Huda saat menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53, di Rest Area Tuban, Jumat (15/12/2017).

“Ibu-ibu yang memiliki perhatian lebih dibandingkan bapak dalam mewujudkan hal itu,” tambah Bupati Tuban.

Kata Bupati Tuban, fokus dari pengarahan terkait Germas tentang penekanan titik program dari keluarga. Serta lingkungan keluarga yang kondusif dan nyaman akan menciptakan individu berkualitas dan sehat.

“Sehat jasmani maupun rohani,” ungkap Bupati Tuban dalam sambutanny dihadapan sekitar 1400 peserta yang hadir.

Pada tahap awal Germas secara nasional berfokus pada tiga hal. Pertama, melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari. “Saya menghimbau kepada para pimpinan untuk menggalakkan aktivitas fisik, seperti senam di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi lain,” katanya.

Lebih lanjut, Bupati dua periode ini mengarahkan agar masyarakat mengonsumsi buah dan sayur terutama yang berasal dari dalam negeri. Serta meminta supaya OPD terkait untuk terus mengembangkan dan memaksimalkan produk unggulan di kabupaten Tuban.

Fokus ketiga dalam program itu dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan,” jelasnya.

Dalam peringatan HKN ke-53, Bupati berharap dijadikan momentum bagi insan kesehatan di Tuban untuk melakukan refleksi. Sejauh mana keberhasilan program kesehatan yang telah dilakukan baik promotif, preventif, kuratif, maupun rehabilitatif sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

“Program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga dan Germas merupakan upaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat untuk hidup sehat,” pungkasnya. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan