Berkah Lebaran untuk Penjual Buah Siwalan di Jalur Pantura Tuban

0
Salah satu penjual buah Siwalan di jalur Pantura Tuban.

halopantura.com Tuban – Momen lebaran Idul Fitri di tahun ini menjadi berkah tersendiri buat para padangan buah Siwalan di Jalur Pantura Tuban. Karena penjualannya dirasakan terus meningkat disaat pertengahan Ramadhan sampai lebaran tiba.

Jika hari biasa penjualan buah siwalan hanya antara 25 sampai 30 buah. Namun saat lebaran ini penjualan meningkat drastis hingga ratusan buah yang dijual dalam setiap hari.

Kebahagiaan itu dirasakan salah satu pedagang buah siwalan, Siti Purwaningsih, Kamis, (6/6/2019). Ia membuka lapak di tepi trotoar di Jalur Pantura di Desa Wedangan Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

“Sudah sejak seminggu ini dagangannya terus laku terjual. Alhamdulillah saat lebaran ini buah siwalan juga laku terus,” kata Siti Purwaningsih, sambil melayani pembeli.

Ia mengaku peningkatan itu dirasakan sebelum lebaran tiba. Karena buah siwalan biasanya di buat oleh-oleh para pemudik atau kembali ketika melintas di Tuban. Sebab, buahnya bisa disajikan bersama es Siwalan atau langsung di makan.

“Para pengendara yang melintas, biasanya membeli dengan jumlah besar, ada yang beli utuh, dan ada yang minta di kupas,” ungkapnya.

Ia mengaku bisanya pembeli memilih yang sudah di kupas untuk oleh-oleh ketika mudik dan langsung bisa di makan. Namun, ada yang membeli secara utuh karena bisa tahan lama atau berbulan-bulan.

“Pembelinya tidak hanya warga Tuban, tetapi warga luar Tuban juga suka buah ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Indah salah satu pembeli asal Gresik, mengatakan membeli Siwalan untuk menu es yang bisa di hidangkan bersama keluarga. Ia pun mengaku kalau melintas di Tuban pasti membeli Siwalan.

“Tadi pas lewat, ya kita beli khas Tuban. Ya Siwalan, rasanya enak,” pungkasnya. (mus/roh)

Leave a Reply