Bersama ExxonMobil, Unigoro Gelar Sosialisasi Sekolah Lapang Pertanian Bagi Petani

0
Begitu antusias suasana kegiatan. (Galuh Setiyadi)

halopantura.com Bojonegoro – Universitas Bojonegoro bekerjasama dengan ExxonMobil menggelar sosialisasi program sekolah lapang pertanian ke 2 bagi para petani di pendopo Kantor Kecamatan Gayam, Senin (11/12/2017). Sosialisasi tersebut diikuti oleh kelompok tani dan taruna tani dari empat Desa yang meliputi Desa Gayam, Mojodelik, Bonorejo, dan Brabowan, Kecamatan Gayam Bojonegoro.

Project Manager Sekolah Lapang Pertanian, Arief januarso menjelaskan, sosialisasi tujuan dan sasaran program bagi sasaran petani gayam adalah mewujudkan petani cerdas yang mampu mengelola pertanian secara optimal. Untuk sasaran pemuda atau anak petani adalah penguatan kelembagaan taruna tani dan meningkatkan hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan masyarakat khususnya petani.

“Setiap desa harus ada taruna tani, karena apa dari hasil evaluasinya rata-rata pemuda atau anak tani tidak menjadi petani. Kita butuh generasi, pemuda itu penting,” ucap Arief Januarso.

Pada sosialisasi tahap pertama, diikuti sebanyak 10 orang. Pada tahap kedua peserta bertambah menjadi 100 orang mengikuti program sekolah lapang pertanian. Sekolah lapang pertanian ini digelar selama 6 bulan dengan memberikan pelatihan meliputi cara membuat dan mengelola pupuk, pemilihan benih, perawatan hingga panen dengan hasil yang memuaskan.

“Program sekolah lapang pertanian ini petani diberikan pelatihan yang meliputi persiapan penanaman, pemilihan benih, pemupukan hingga panen. Harapannya adalah biar harga jual bisa tinggi,” ujarnya. (luh/roh)

Tinggalkan Balasan