Bersama Masyarakat, EMCL Kerja Bakti Bersih-bersih Sampah di Pantai Tuban

0

halopantura.com Tuban – Karyawan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama masyarakat melaksanakan kerja bakti bersih-bersih sampah di pantai Magrove Center, Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Kegiatan itu sebagai tanggung jawab sosial untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan lestari, Sabtu pagi, (11/11/2017).

Selain bersih pantai, EMCL dilokasi itu juga melakukan penanaman bibit pohon dan akan dipusatkan di pantai Kecamatan Palang. Jumlah pohon yang nanti akan ditananam sebanyak 10 ribu bibit dengan rincian 8 ribu bibit pohon jenis magrove dan 2 ribu bibit cemara laut.

Perawatan tanaman itu pihak EMCL telah menggandeng Yayasan Mangrove Center Tuban, dan lembaga lain yang konsentrasi pada lingkungan. Turut ikut dalam kegiatan itu perwakilan Pemkab Tuban, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Tuban, Muspika Palang, Muspika Jenu, dan beberapa undangan terkait lainnya.

“Kerja bakti ini melibatkan 50 karyawan ExxonMobil untuk bersama-sama dengan masyarakat membersihkan pantai dan melakukan penanaman pohon,” jelas Vice President EMCL, Erwin Maryoto di pantai Mangrove Jenu.

Menurutnya, kerja bakti bersih pantai dan penanaman bibit pohon ini untuk menjaga lingkungan pantai agar tetap lestari dan bersih. Sehingga nantinya manfaatnya dapat dirasakan oleh nelayan dan masyarakat luas.

“Kegiatan ini juga untuk membangun kerjasama dan hubungan yang baik antara pemerintah, masyarakat dan pihak terkait lainnya,” ungkap Erwin Maryoto.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Tuban, Bambang Irawan, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pihak EMCL tersebut. Karena dengan kegiatan itu akan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan pantai.

“Kegiatan penghijauan dan bersih pantai ini harus terus dilakukan dan digalangkan. Terlebih masyarakat sadar agar tidak membuang sampah di laut atau pantai, karena dapat merusak lingkungan,” ungkap Bambang Irawan disela-sela bersih pantai.

Para peserta bersih pantai nampak begitu antusias dalam memungut berbagai sampah dengan menggunakan alat yang telah disediakan panitia. Setelah bersih pantai, mereka juga kompak melakukan penanaman pohon di sekitar lokasi itu. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan