Bertambah 12 Orang, Kini Jumlah Positif Covid-19 di Tuban Capai 100 Kasus

0
Ilustrasi. (shutterstock.con)

halopantura.com Tuban – Jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Tuban bertambah 12 orang, Sabtu sore (27/06/20). Sehingga, saat ini jumlah secara kumulatif mencapai 100 orang terkonfirmasi positif virus corona.

Dari jumlah itu, tercatat ada 36 orang sembuh atau negatif virus corona, 7 orang meninggal dunia, dan 57 orang dalam perawatan dan isolasi.

“Penambahan hari ini terbanyak dari Klaster Pasar Leran Wetan yaitu berjumlah 7 orang, selebihnya ada penambahan dari beberapa Kecamatan.” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati.

Endah Nurul menjelaskan bahwa selain 7 orang tanpa gejala tersebut, pasien konfirmasi positif hari ini sebelumnya berstatus PDP yaitu sebanyak 4 orang dan 1 orang lainnya perempuan dalam kondisi hamil.

“Penambahan konfirmasi positif hari ini setelah keluarnya hasil Tes RT-PCR oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Surabaya,” ungkapnya.

Adapun jika dirinci dari klaster Pasar Leran Wetan bertambah 7 orang yaitu laki-laki 27, 44 dan 53 tahun serta perempuan 16, 18, 34 dan 46 tahun. Kesemuanya asal Kecamatan Palang.

Sedangkan pasien terkonfirmasi positif dari PDP adalah laki-laki (53) asal Semanding, perempuan (56) asal Bancar, laki-laki (69) asal Tuban dan laki-laki (55) asal Soko, serta satu Perempuan (32) dalam Kondisi Hamil dari Kecamatan Rengel.

“Selain ada penambahan pasien konfirmasi positif, hari ini juga ada satu pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh yaitu Laki-laki (29) asal Kecamatan Montong.” terang Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban ini.

Menanggapi adanya penambahan kasus konfirmasi positif baru yang cukup signifikan hari ini, Endah Nurul kembali mengajak semua masyarakat untuk semakin meningkatkan kewaspadaan, terutama di tempat yang memungkinkan berjumpa banyak orang seperti pasar, pusat perbelanjaan, tempat kerja dan yang lainnya.

“Untuk saat ini yang harus dilakukan adalah selalu melaksanakan protokol kesehatan yang ada dengan baik dan disiplin,” jelasnya.

Berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban, Sabtu (27/6/2020) hingga pukul 18.00 Wib, jumlah kumulatif ODP sebanyak 654 orang. Dengan keterangan sebanyak 423 orang selesai pemantauan dan 31 orang masih dalam pemantauan.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 98 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 55 orang sembuh, 17 orang meninggal dunia, dan sisanya masih dalam pengawasan sebanyak 26 orang. (at/roh)

Tinggalkan Balasan