Bertambah 6 Orang, Zona Merah Covid-19 di Tuban Meluas

0
Peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban, Minggu, (17/5/2020) pukul 18.00 Wib.

halopantura.com Tuban – Titik zona merah makin meluas, setelah jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban bertambah menjadi 18 orang, Minggu, (17/5/2020) pukul 18.00 Wib. Jumlah itu bertambah 6 orang dibandingkan hari sebelumnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati, menjelaskan penambahan pasien terkonfirmasi positif hari ini ada enam orang. Hal itu berdasarkan hasil Tes Swab yang dikeluarkan oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya.

“Enam pasien tersebut, diantaranya ada empat kasus terkonfirmasi positif dari Kecamatan Tambakboyo, satu dari Kecamatan Merakurak dan satu dari Kecamatan Grabagan,” jelasnya.

Endah Nurul menjelaskan bahwa empat pasien asal Tambakboyo dan satu pasien asal Merakurak adalah termasuk dalam satu Klaster Tambakboyo atau masih ada hubungan dengan pasien asal Tambakboyo yang terkonfirmasi sebelumnya.

Jika dirinci kelima pasien tersebut adalah perempuan dengan umur 19, 53, 40 dan 45 tahun asal Kecamatan Tambakboyo dan perempuan 37 Tahun asal Kec. Merakurak.

“Kasus terkonfirmasi positif ke delapan belas ini adalah laki-laki usia 47 tahun dari Kecamatan Grabagan yang sebelumnya berstatus PDP. Pasien ini kesehariannya adalah pedagang di Surabaya,” terangnya.

Menanggapi bertambahnya kasus konfirmasi positif baru ini, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban ini kembali mengajak semua masyarakat untuk semakin meningkatkan kewaspadaan, tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang sangat penting.

Namun jika tetap harus Berkegiatan di luar rumah harus tetap menerapkan physical distancing menghindari berhadapan, jaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain dan disiplin menggunakan masker serta cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin.

“Memasuki akhir Ramadhan ini saya harapkan semua masyarakat untuk menghindari tempat perbelanjaan atau tempat dengan kerumunan orang banyak, kalau bisa lebih baik belanja dengan sistim online, hal ini untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban yang saat ini semakin memerah,” harapnya.

Sebatas diketahui berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban, Minggu (17/5/2020) hingga pukul 18.00 Wib. Jumlah kumulatif ODP sebanyak 610 orang dengan keterangan sebanyak 483 orang selesai pemantauan dan 127 orang masih dalam pemantauan.

Selain itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 44 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 13 orang sembuh, 9 orang meninggal dunia, dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 22 orang.

Sedangkan untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 18 orang, terdiri dari 2 orang sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 14 orang dalam perawatan. (at/roh)

Tinggalkan Balasan