Bisa Jadi Agunan Kredit, Nelayan Tuban Terima 1.043 Dokumen Pas Kapal

0
Simbolis Wabup Tuban (kiri) memberikan dokumen PAS Kapal kepada nelayan.

halopantura.com Tuban – Pemerintah Kabupaten Tuban memberikan 1.043 dokumen kepemilikan kapal (PAS Kapal) secara gratis kepada para nelayan. Secara simbolis diberikan di gedung Korpri Komplek Pendopo Krido Manunggal, Rabu (21/2/18).

Acara itu juga dikemas dengan pengukuhan pengurus ranting Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Se- Kabupaten Tuban. Dalam pengukuhan yang dihadiri oleh Wabup Tuban, Noor Nahar Husein, dan beberapa pihak terkait lainnya.

“Tanpa adanya kelembagaan yang baik, maka akses para nelayan ini tidak bisa langsung, terutama berkaitan dengan perbankan, akses pembangunan lainnya,” kata Wabub dalam sambutannya.

Diterangkan pula, berkaitan dengan jumlah total KK Nelayan khususnya di Kabupaten Tuban, hingga saat ini terdapat sekitar dua puluh ribu yang tersebar pada 5 kecamatan di pesisir Pantura. Meraka sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS) paling rentan, karena banyak nelayan yang tergolong miskin dan hampir miskin.

“Jadi begitu ada kebijakan yang dirasa merugikan para nelayan mereka langsung jatuh miskin. Sehingga hal ini lah yang sangat betul-betul diperhatikan,” ungkap Wabup

Terkait dengan penyerahan Dokumen Pas Kapal, yang telah diserahkan, akan sangat menguntungkan para nelayan. Yang mana dari jumlah kapal 2.870, yang akan diberikan pas kapal secara gratis sebanyak 1043 kapal dan yang baru dilakukan pengukuran sekitar 600 kapal.

“Pemberian pas kapal secara gratis ini dengan muatan kapal antara 3-7 grosston, namun masih banyak yang belum mendapatkan. Untuk itu saya minta program ini untuk diteruskan, agar semua nelayan bisa berlayar untuk menangkap ikan secara legal karena memiliki pas kapal,“ tegasnya.

Wabup juga meminta agar dokumen asli (pas kapal) tidak dibawa saat melaut, karena dokumen tersebut bisa digunakan sebagai agunan kredit, agar lebih mudah para nelayan mengakses keuangan di perbankan.

“Dokumen pas kapal yang asli lebih baik disimpan di rumah terus di foto copy yang banyak dan dilegalisir. Jadi yang dibawa kemana-mana itu yang salinan dokumen yang telah dilegalisir saja supaya tidak hilang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua HNSI Cabang Kabupaten Tuban, H. Faizol Rozi saat dikonfirmasi menuturkan terkait Era nelayan untuk saat ini cukup diperhatikan pemerintah, khususnya di Tuban untuk jajaran OPD telah memberikan respon positif.

“Harapan saya nelayan di Kabupaten Tuban dapat merasakan kemudahan terkait dengan hal-hal yang akan dimilikinya. Terutama berkaitan dengan administrasi agar mereka saat melaut bisa mudah, ”ungkapnya. (mus/roh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here