Bulan Ramadhan, Tukang Becak Sunan Bonang “Nganggur”

0
Kondisi tempat antrian tukang becak sunan bonang terlihat kosong. (musyafa’)

halopantura.com Tuban – Aktivitas tukang becak yang berada di kawasan makam Sunan Bonang Tuban tidak seperti biasa. Kondisi dikawasan itu terlihat sepi dari aktivitas tukang becak yang biasanya mengantar para peziarah, Senin, (29/5/2017)

Sepinya aktivitas tukang becak itu disebabkan karena para peziarah yang berasal dari berbagai daerah selama ramadhan ini tidak ada. Bahkan, ratusan tukang becak yang biasanya mangkal di wisata Kebonsari, memilih untuk pulang kampung selama bulan ini.

“Kalau bulan Ramadhan tiba, sebagian teman-tema (tukang becang, red) memilih pulang, karena tidak ada peziarah yang datang,” ungkap Yanto, salah satu tukang becak asal Tuban.

Menurutnya, aktivitas akan kembali normal kurang lebih selama satu bulan setengah. Sedangkan, kalau tidak ada aktivitas kita hanya duduk-duduk saja sambil nunggu penumpang dari pasar baru Tuban.

“Sepuluh hari setelah lebaran atau lebaran ketupat peziarah akan kembali banyak mas,” tegas Yanto ini.

Sementara itu, selama Ramadhan ini nampak suasana lenggang di tempat parkir bus Sunan Bonang yang berada di Kelurahan Kebonsari. Pasalnya, di tempat tersebut biasanya padat aktivitas tukang becak, tapi hari ini kosong aktivitas.

Suasana lenggang juga terlihat di komplek makam Sunan Bonang, akibat sepinya peziarah. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan