Bumi Wali Tuban “Dikepung” Miras, Sebulan Sita Seribu Liter Lebih Arak

0
Barang bukti arak dimusnahkan di halaman Mapolres Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Peredaran minuman keras (Miras) jenis arak di Kabupaten Tuban nampaknya masih menggurita. Terbukti sebulan melakukan razia, Polres Tuban berhasil mengamankan arak siap edar sebanyak 1.302 liter dibeberapa lokasi yang berbeda.

Selain arak, dalam sebulan Polres Tuban juga mengamankan 29.845 liter baceman (bahan baku arak, red), dan beberapa alat untuk memproduksi arak. Serta diamankan miras jenis lain sebanyak 113 botol jenis anggur kolesom, 31 liter anggur, dan 6,2 liter gingseng.

Jumlah barang bukti itu diungkapkan AKBP Nanang Haryono, Kapolres Tuban dalam acara pemusnahan barang bukti miras dari operasi cipta kondisi jelang bulan Ramadan 2018, dilaksanakan di halaman Mapolres Tuban.

Acara itu juga dihadiri Forpimda Tuban, Sekda Tuban Budi Wiyana, tokoh agama, masyarakat, dan beberapa undangan terkait lainnya, Selasa, (15/5/2018).

“Kegiatan ini pemusnahan barang bukti ini dari hasil operasi cipta kondisi yang dilaksanakan kurang lebih selama satu bulan,” terang Kapolres Tuban usai melakukan pemusnahan barang bukti miras.

Untuk menekan peredaran miras dan arak di wilayah Tuban, Polres Tuban terus melakukan razia dibeberapa lokasi. Serta menyatakan perang terhadap peradaran miras di wilayah hukum Tuban.

“Kita menyatakan perang terhadap miras, agar Bumi Wali Tuban bersih dari miras,” tegas Kapolres Tuban.

Mantan Kasubdit III Ditreskrimum Polda Jateng itu menambahkan, selama operasi tersebut juga telah ditetapkan tujuh orang tersangka dalam kasus miras. Ketujuh orang tersebut merupakan warga Kabupaten Tuban, baik berperan sebagai produsen arak maupun pengedar.

“Ketujuh tersangka telah kita tahan, dan Polres Tuban tidak akan berhenti disini untuk menciptakan Tuban bersih dari peredaran miras dan arak. Kita juga tidak akan bosan-bosan untuk melakukan operasi serupa,” jelas AKBP Nanang Haryono ini.

Sementara itu, dalam pemusnahan miras itu Polres Tuban mengerahkan alat berat berupa Excavator. Ribuan botol yang berisi miras arak digilas dengan alat itu dihalaman Mapolres Tuban. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here