Bupati Tuban Ajak Semua Elemen Masyarakat Ikut Lawan Radikalisme

0
Rektor Unirow memberikan cindera mata kepada Bupati Tuban (kiri) diacara kuliah akbar. (rohman)

halopantura.com Tuban – Bupati Tuban, H. Fathul Huda, mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk bersama-sama melawan dan mencegah Radikalisme. Hal itu diungkapkan Bupati Tuban dalam acara kuliah akbar dan aksi kebangsaan Perguruan Tinggi melawan Radikalisme, di laksanakan di gedung KSPKP Tuban, Sabtu, (28/10/2017).

“Radikalisme tidak bisa diatasi oleh pemerintah saja, tetapi semua lapisan masyarakat harus bersama-sama ikut melawan dan mencegah radikalisme,” kata Bupati Tuban dihadapan peserta kuliah akbar.

Kuliah akbar itu di ikuti dosen dan mahasiswa yang berjumlah 500 orang. Terdiri dari Perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Tuban, seperti kampus Unirow, Stitma, Stikes NU, STIE Muhammadiyah, STAI Alhikmah, USB, Poltana Mapena, dan beberapa undangan terkait lainnya.

Kapolres Tuban AKBP Sutrisno HR dan Ketua DPRD Tuban, H. M Miyadi, turut hadir dalam acara tersebut. Dengan maksud semua lapisan masyarakat dan generasi muda ikut melawan dan mencegah radikalisme.

“Peran perguruan tinggi sangat penting dalam melawan dan mencegah radikalisme,” tambah Bupati Tuban.

Bupati berharap seluruh elemen masyarakat memiliki pemahaman dan sikap untuk mengantisipasi ancaman radikalisme yang dapat tumbuh dan berkembang di seluruh daerah, termasuk Kabupaten Tuban. Sehingga paham tersebut perlu diantisipasi dengan kerjasama semua elemen masyarakat yang di mulai sejak dini.

“Kegiatan ini sangat penting, kita minta untuk terus dilakukan dalam rangka memberikan pemahaman kepada generasi muda dan masyarakat tentang bahaya dari radikalisme,” tegas Bupati Tuban.

Sementara itu, Rektor Unirow Tuban, Supiana Dian Nurtjahyani, dalam sambutanya menyampaikan aksi kebangsaan ini adalah kegiatan bersama yang diselenggarakan forum pimpinan Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Tuban.

“Kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawab perguruan tinggi dalam menjaga keutuhan NKRI. Apalagi perguruan tinggi juga sebagai pusat pengembangan keilmuan buat generasi penerus bangsa,” kata Rektor Unirow Tuban yang juga ketua pelaksana kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, dengan adanya kecenderungan munculnya radikalisme yang terjadi di Indonesia. Maka perguruan tinggi mengambil sikap jelas untuk ikut berperan melawan dan mencegah radikalisme.

“Peran nyata itu nyata dalam rangka membela Pancasila dan keutuhan NKRI,” ungkap Rektor Unirow.

Selai itu, momentum tersebut juga diadakan bertepatan dengan hari sumpah pemuda. Dengan dilakukan pembacaan sumpah pemuda yang ucapkan oleh mahasiswa Tuban dengan menggunakan baju adat. (rohman)

Tinggalkan Balasan