Bupati Tuban Minta Guru PAI Menjadi Teladan Bagi Muridnya

0
Bupati Tuban diacara pelantikan DPD AGPAII Kabupaten Tuban.

halopantura.com Tuban – Bupati Tuban, H. Fathul Huda,  meminta agar Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) memberikan teladan yang baik buat masyarakat dan para muridnya.

Hal itu disampikan Bupati Tuban ketika menghadiri Halal Bihalal GPAI dan Pelantikan DPD AGPAII Kabupaten Tuban masa bakti 2019-2022, di Pendapa Krido Manunggal, Rabu (17/07/2019).

“Kita kenalkan kepada anak tentang islam yang ramah dengan berbagai kisah-kisah Rasul, sahabat, wali, maupun ulama lainnya,” kata Bupati Tuban.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Kemenag Tuban, Kepala Dispendik Tuban, Ketua DPW Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Provinsi Jawa Timur, serta 810 guru PAI se-Kabupaten Tuban.

Bupati Huda menambahkan berbagai masalah terkait guru PAI yang acap kali terjadi di sejumlah wilayah, namun tidak terjadi di Tuban. Jika memang ada permalasahan, Dinas Pendidikan dan Kemenag dapat duduk bersama untuk menyelesaikan masalah.

“Kami juga berharap AGPAII dapat bersinergi dengan organisasi guru lainnya,” ungkap Bupati Huda.

Bupati juga menyampaikan selamat kepada pengurus yang dilantik. Pengurus menjadi mediator, sekaligus memperjuangkan aspirasi guru PAI. Pemkab Tuban siap mewadahi aspirasi guru PAI selama sesuai dengan regulasi yang ada.

Orang nomor satu di jajaran Pemkab Tuban itu menambahkan, pihaknya mendukung DPW AGPAII Jatim dalam mensyiarkan konsep Islam Rahmatan Lil Alamin. Adanya perbedaan menjadi berkah dan keindahan umat manusia.

Lebih lanjut, dalam menjelaskan konsep Rahmatan Lil Alamin harus diadaptasikan dengan kajian kontemporer.  “Guru PAI harus benar-benar memahami islam secara utuh,” serunya.

Selain itu, ia juga memberikan contoh dan suri tauladan yang luhur. Tujuannya, agar anak-anak dapat memahami dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Alumni Ponpes Tambakberas, Jombang ini menambahkan, Halal Bihalal merupakan wujud kearifan lokal yang sesuai dengan syariat dan ajaran Islam. Substansi dari halal bihalal adalah menjalin komunikasi dan silaturahmi sesama muslim.

Komunikasi menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan dalam pemecahan berbagai permasalahan.

Ketua DPW AGPAII Provinsi Jawa Timur, KH. M. Ghozali, S.Ag., menyatakan, guru PAI segera mungkin melakukan tugas-tugas yang direncanakan sebelumnya. Juga berkontribusi terhadap pendidikan siswa di kabupaten Tuban.

“Guru PAI harus segera berkiprah sesuai di unit masing-masing,” ujarnya.

Ghozali menerangkan AGPAII merupakan merupakan rumah besar bagi seluruh guru PAI. menjadi wahana menjalin soliditas dan kebersamaan guru PAI.  Hadirnya AGPAII juga bertujuan untuk mencari atas solusi berbagai persoalan yang dihadapi guru dan pembelajaran PAI. Sehingga mampu menguatkan siar agama Islam. (mus/roh)

Leave a Reply