Bupati Tuban Sebut Physical Distancing Belum Dipatuhi Masyarakat

0
Bupati Tuban memberikan pengarahan sebelum melakukan penyemprotan disinfektan ke fasilitas umum dan jalan protokol kota Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Bupati Tuban H. Fathul Huda, meminta seluruh masyarakat agar mematuhi anjuran pemerintah untuk melaksanakan Physical Distancing (menjaga jarak) di tengah maraknya wabah virus corona atau Covid-19.

Bupati menyebut penerapan aturan itu belum dijalankan secara maksimal oleh masyarakat. Karena sampai saat ini masih terdapat masyarakat yang belum mematuhi imbauan tersebut.

“Kita menyayangkan masih terdapat masyarakat belum mematuhi imbauan Pemkab Tuban terkait physical distancing. Beberapa warga tampak masih berkumpul di warung atau membuat kerumunan,” ungkap Bupati Tuban, Selasa, (31/3/2020).

Penerapan Physical Distancing yakni menjaga jarak aman antara satu orang dengan orang lainnya untuk mencegah dan menekan penyebaran Covid-19. Sehingga, orang nomor satu di Tuban itu minta aturan tersebut harus dipatuhi di tengah Pandemi Covid-19 ini, dan masyarakat tetap bersikap tenang.

“Bersikap tenang dan peduli lingkungan, harus diimbangi dengan mentaati aturan,” jelas Bupati Tuban yang terpilih dua periode.

Selain itu, Pemkab Tuban telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah jalan protokol setempat. Serta penyemprotan itu dilakukan di tingkat kecamatan hingga desa secara periodik.

“Penyemprotan disinfektan sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban,” terang Bupati Tuban.

Lalu, ia menambahkan penyemprotan juga menjadi stimulan bagi masyarakat untuk memperhatikan lingkungan masing-masing. Diantaranya menjaga kebersihan, menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan rutin cuci tangan menggunakan sabun.

“Masyarakat kita minta tetap tenang dan tidak panik menghadapi Covid-19. Termasuk tidak melakukan penimbunan bahan makanan atau alat medis,” pungkasnya. (rohman)

Tinggalkan Balasan