Cegah Covid-19, Kemenag Tuban Turba ke Masjid

0
Ilustrasi. (www.freepik.com)

halopantura.com Tuban – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Drs. Sahid, MM., bersama Satgas Covid-19 melakukan pembinaan kepada Takmir Masjid Nurul Ulaa Panyuran dan jamaah usai sholat jumat berjamaah, Jumat (18/09/2020).

Sahid menjelaskan Kemenag Tuban intens menjalin komunikasi dengan pemerintah kecamatan hingga desa, tokoh agama, dan pimpinan lembaga keagamaan untuk menerapkan protokol kesehatan.

Penerapan protokol kesehatan tersebut dapatnya dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tempat ibadah.

Lebih lanjut, Kemenag Tuban juga telah mengeluarkan pemberitahuan perihal pelaksanaan sholat berjamaah di masjid. Diantaranya wajib memakai masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan, juga dikuatkan dengan adanya Perbup Tuban Nomor 65 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian covid-19.

“Sebagian besar masjid di kabupaten Tuban telah menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Pandemi Covid-19 yang telah berjalan kurang lebih 7 bulan, lanjut Sahid, telah mengajarkan jamaah untuk disiplin dan membawa dampak pada perubahan kebiasaan masyarakat.

“Karenanya, tidak ada alasan bagi masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya.

Kemenag mendukung penuh upaya Pemkab Tuban untuk menekan penyebaran Covid-19 di tempat ibadah, lembaga pendidikan keagamaan, hingga majelis taklim.

Lembaga yang ia pimpinan ini juga akan membantu pengawasan dengan menjalin komunikasi serta koordinasi dengan tokoh agama dan pimpinan lembaga keagamaan hingga di tingkat desa/kelurahan.

“Tokoh agama dan pimpinan lembaga keagamaan diharapkan ikut berpartisipasi memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Nurul Ulaa Panyuran, Wahib Toha berterima kasih kepada Pemkab dan Kemenag Tuban yang telah memberikan edukasi kepada takmir dan jamaah Masjid Nurul Ulaa Panyuran.

Pembinaan yang dilakukan Kemenag dan Satgas Covid-19 diharapkan meningkatkan kesadaran kewaspadaan masyarakat akan bahasa virus yang belum ditemukan vaksinya ini.

Wahib Toha menambahkan Takmir Masjid Nurul Ulaa Panyuran telah menerapkan protokol kesehatan, diantaranya mewajibkan memakai masker, menyediakan fasilitas cuci tangan, dan mengatur jarak antar jamaah. Pihaknya berkomitmen untuk tetap menjalankan himbauan pemerintah.

“Kami harap jamaah dapat mematuhi himbauan pemerintah demi kebaikan bersama,” ujarnya.

Tampak hadir pada kegiatan ini Kabag Kesejahteraan Rakyat Setda Tuban, Eko Julianto, Camat dan Forkopimka Palang, tim medis Satgas Covid-19, serta personil pengamanan Satpol PP Tuban, Dishub Tuban, Polres Tuban, dan Kodim 0811/Tuban. (at/fin/roh)

Tinggalkan Balasan