Choirul Anam Dorong Masyarakat Ikut Daftar Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota

0
Choirul Anam (dua dari kiri) bersama Timsel Zona III dalam acara sosialisasi tahapan seleksi calon anggota KPU Kabupaten/Kota, bertempat di Hotel Dewarna Bojonegoro. (rohman)

halopantura.com Bojonegoro – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur mendorong masyarakat agar ikut mendaftar seleksi calon anggota KPU Kabupaten/Kota periode 2019 – 2024. Sebab, pendaftar terbuka seluas-luasnya bagi setiap masyarakat, dan dilakukan secara terbuka.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Jatim Choirul Anam, dalam acara sosialisasi tahapan seleksi calon anggota KPU Kabupaten/Kota dari zona III, bertempat di Hotel Dewarna  Bojonegoro, Sabtu, (13/4/2019).

Kegiatan itu diikuti sekitar 50 undangan dari unsur mahasiswa, perguruan tinggi, organisasi masyarakat, keterwakilan perempuan, dan media yang ada di Kabupaten Bojonegoro dan Tuban.

“Sosialisasi ini bagian dari cara kami agar semakin banyak yang ikut mendaftar seleksi calon anggota KPU Kabupaten atau Kota, dan didua hari kedepan ini kita melakukan sosialisasi di tujuh zona,” ungkap Choirul Anam dihadapan para undangan.

Ia mengatakan, semakin banyak yang mendaftar, maka akan memberi peluang atau ruang bagi panitia seleksi untuk semakin leluasa mencari calon-calon anggota KPU yang handal, berintegritas, dan profesional.

“Terpenting (anggota KPU, red) harus tahan banting, karena kita tidak mengenal jam kerja, bahkan di hari libur kita tetap bekerja,” jelas Anam yang juga mantan anggota KPU Kota Surabaya periode 2009-2014.

Menurutnya, peluang untuk menjadi anggota KPU Kabupaten/Kota terbuka untuk siapa saja. Bahkan, calon yang berasal dari incambent belum tentu jadi, sebab mereka sudah terlihat kinerjanya dan banyak catatan dari masyarakat.

“Apalagi incambent di satu sisi saat ini mengahadapi tahapan Pemilu, dan tidak fokus. Sementara orang luar bisa fokus betul, mulai belajar, baca buku bahkan latihan tes tulis,” ungkap Alumni Universitas Negeri Surabaya itu.

Sementara itu, Sholikin Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Zona III, mengatakan waktu penerimaan dokumen pendaftaran dimulai sejak tanggal 15 April sampai 25 April 2019. Dokumen persyaratan diantar langsung ke Sekretariat tim seleksi  yang berada di kantor KPU Provinsi Jatim, atau bisa dikirim lewat pos.

“Pengiriman dokumen via pos paling lambat tanggal 23 April 2019 cap pos,” ungkap Sholikin didampingi timsel zona III terdiri dari Taufik Al Amin, Fauzin, Sasongko Budi Susetyo, dan Nuniek Fahriani.

Selanjutnya, ia menerangkan tahapan penelitian administrasi dilaksanakan pada tangga 16 April sampai 29 April 2019. Pengumuman hasil penelitian administrasi pada tanggal 30 April 2019.

“Seleksi dilakukan dengan sistem gugur,” ungkap Sholikin

Setelah itu, yang berhak mengikuti tes tertulis metode computer asisted test (CAT) hanya 40 calon dari masing-masing Kabupaten atau Kota, dilanjutkan pengumuman hasil tes tulis pada tanggal 2 sampai 6 Mei 2019.

“Tes Psikologis dilaksanakan tanggal 8 Mei sampai 12 Mei 2019. Hasilnya di umunkan tanggal 13 Mei,” jelasnya.

Baca : https://www.halopantura.com/tim-seleksi-calon-anggota-kpu-kota-kabupaten-jatim-siap-jalankan-tugas-secara-maksimal/

Tahapan tes kesehatan dilaksanakan tanggal 14 sampai 18 Mei, dan tes wawancara dilaksanakan antara tanggal 20 sampai 24 Mei 2019.

“Pengumuman calon anggota KPU Kabupaten/Kota dilaksanakan 25 Mei,” pungkasnya. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here