Demi Hidupi Keluarga, Warga Ini Curi Burung Murai Batu

0
Pelaku ketika diamankan anggota.

halopantura.com Jombang – Maling burung jenis murai batu milik Taufik Rosidi (30) warga Dusun Pekunden, Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung, Jombang, Jawa Timur, tertangkap basah oleh pemiliknya. Pelaku yakni Arif Wahyudi (27) warga Dusun Sedah, Desa Japanan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang.

Pelaku nekat mencuri demi untuk menghidupi keluargannya, dan memanfaatkan kondisi rumah yang sepi, ketika itu pemiliknya sedang tidur. Melihat burung berada disamping rumahnya, niat Taufik pun muncul mencurinya. Merasa aman, burung Murai batu didalam sangkar bambu berbentuk bulat warna coklat itu langsung disikatnya.

Apes, ketika menghidupkan sepeda motor untuk membawa kabur hasil curiannya, korban sadar dan teriak maling. Korban langsung mengejar pelaku. Teriakan pemilik hobi burung itu mengundang warga hingga menangkap ramai-ramai.

“Pemilik mengatuhi langsung berteriak maling dan mengejar pelaku bersama warga hingga tertangkap. Kemudian diserahkan ke polisi,” ungkap Iptu Subadar, Kasubbag Humas Polres Jombang, Selasa (5/12/2017).

Beruntung, nyawa pelaku berhasil selamat tidak menjadi bulan-bulanan massa. Selanjutnya dibawa ke kantor untuk di proses lebih lanjut.

Dalam pemeriksaan, pelaku tertarik dengan burung murai batu karena bulu hitam kombinasi coklat muda. Ditambahi lagi sangkarnya uniknya bulat terbuat dari bambu warna coklat. Dia menambahkan, pelaku nekat mencuri burung seharga Rp 5 juta untuk menghidupi keluarganya.

Selain pelaku, juga mengamankan kendaraan sepeda motor CBR Nopol S 6987 RW yang digunakan pelaku. Kini, pelaku langsung dijebloskan kedalam penjara. “Pelaku dijerat dengan pasal 362 KUHP,” tandasnya. (fin/roh)

Tinggalkan Balasan