Disahkan, Fraksi DPRD Tuban Kritisi Anggaran Sport Center Rp 60 M

1

halopantura.com Tuban – Fraksi Partai Golkar dan Keadilan Sejahtera DPRD Tuban, memberikan catatan atas pengesahan Rancangan APBD 2018. Pasalnya, dalam postur anggaran itu ada dana sebesar Rp 60 miliar untuk melanjutkan pembangunan Tuban Sport Center (TSC).

“Fraksi kami menerima (pengesahan R-APBD 2018, red), tetapi kami memberikan catatan dan meminta adanya koreksi terbatas terhadap APBD 2018. Khususnya tentang anggaran pembangunan Tuban Sport Center,” kata Edi Susanto, anggota Fraksi Golkar dan Keadilan Sejahtera, Senin, (6/11/2017).

Adanya anggaran itu, Fraksi memberikan pertimbangan kepada Pemkab Tuban. Diantaranya anggaran pembangunan lanjutan Tuban Sport Center itu terkesan mendominasi untuk penggaran di satu proyek senilai Rp 60 miliar dalam ukuran APBD Tuban.

“Masih tingginya tingkat kemiskinan di Tuban yang mencapai 17,14 persen yang harus memperoleh penangan dan pembiayaan yang cukup intensif. Itu juga menjadi pertimbangan kami,” beber Edi Susanto, salah satu politisi senior Partai Golkar.

Lebih lanjut, Edi Susanto, menyoroti anggaran itu lebih prioritas untuk kebutuhan sarana dan prasaran sekolah-sekolah, utamanya komputer untuk menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan datang. Selain itu, sarana dan prasaranan olahraga yang ada di Tuban masih cukup layak untuk difungsikan dalam ukuran lokal maupun regional.

“Makanya, anggaran tersebut perlu adanya koreksi terbatas dari Eksekutig,” tambah Edi panggilan akrabnya.

Pertimbangan lainnya, Edi menegaskan bila melihat daftar prestasi olahraga di Tuban untuk lingkup regional saja belum masuk sepuluh besar. “Sehingga belum begitu menggembirakan walaupun kegiatannya menelan biaya miliaran rupiah melalui Koni Tuban,” terangnya.

Sementara itu, Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein, mengungkapkan saran atau catatan dari Fraksi Golkar dan Keadilan Sejahterah menjadi hal biasa karena itu proses politik. Namun, mayoritas fraksi DPRD Tuban telah setuju dengan anggaran pembangunan Tuban Sport Center itu.

“Mayoritas fraksi telah setuju dengan anggaran pembangunan tersebut,” tegas Wabup Tuban.

Sebatas diketahui, Pembangunan sarana olahraga yang bertaraf Internasional, Tuban Sport Center (TSC) itu berada di lahan Dusun Pidengan, Desa Gedongombo, Kecamatan Semanding. Anggaran Rp 60 miliar itu direncanakan untuk membangun stadion sepak bola beserta tribun utama, lintasan atletik, dan beberapa fasilitas olahraga lainnya.

Pemkab Tuban berharap, proyek dengan total anggaran senilai sekitar Rp 300 miliar itu akan selesai di tahun 2021 mendatang. (rohman)

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan