Disorot Dewan, Pelayanan RSUD dr. Koesma Tuban Berbenah Lebih Baik

0
Pelayanan di RSUD dr. Koesma Tuban. (rohman)
Pelayanan di RSUD dr. Koesma Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Koesma Tuban terus berbenah lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Upaya itu dilakukan dalam rangka mewujudkan layanan unggul dan berkualitas kepada masyarakat.

Komitmen itu setelah Agung Supriyanto, Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Tuban menayakan kepada eksekutif, terkait upaya penanganan di bidang kesehatan. Karena sampai hari ini terus menjadi problem yang belum tertangani dengan maksimal.

“Pelayanan di RSUD Tuban terus ditingkatkan untuk masyarakat, hal itu dalam rangka mewujudkan layanan unggul dan berkualitas kepada masyarakat,” terang Wabup Tuban, Noor Nahar Hussen, Selasa, (27/6/2017).

Selain itu, pihak RSUD juga telah mengupayakan pengembangan sumber daya manusia (SDM), seperti tenaga medis, paramedis, dan tenaga kesehatan lainnya. Itu terbukti selama tiga tahun terakhir, sudah ada penambahan tenaga medis sebanyak 146 orang dan 20 dokter spesialis.

Pada tahun 2014 silam tenaga medis sebanyak 597 orang dan tahun 2017 ini sudah ada tenaga medis 743 orang. Untuk dokter spesialis tahun 2014 ada 19 orang dan tahun ini sudah 39 orang.

“Terakhir kita juga sudah menambah dokter spesialis jantung, jiwa, konservasi gigi dan lainnya. Tetapi itu masih perlu penambahan lagi, terutama tenaga dokter spesialis,” jelas Wabup Tuban.

Disisi lain, rumah sakit terus berupaya meningkatkan mutu SDM dengan melakukan kegiatan pengembangan dan diklat. Baik itu kegiatan diklat teknis dan komunikasi.

“Salah satu contoh kegiatan itu adalah pelatihan teknis ICU, perawat anestesi ke RSUD dr Sutomo Surabaya,” papar Wabup Tuban yang juga politisi senior asal PKB. 

Terkait pengawasan kinerja, Wabup menjelaskan bahwa pihak rumah sakit telah membuat survei kepuasan pasien dan indeks kepuasan masyarakat (IKM) tiap tiga bulan sekali. Serta rumah sakit telah melakukan keterbukaan kepada masyarakat dengan layanan pengaduan lewat pesan singkat (SMS, red) selama 24 jam di nomor 085338566001.

“Kedepan kita juga terus mengupayakan pemasaran dan promosi untuk peningkatan informasi dan layanan unggulan ke masyarakat,” tegas Wabup. (rohman)

Tinggalkan Balasan