Disorot Ecoton,  Sampah Popok di Pantai Jadi Perhatian Pemkab Tuban

0
Sejumlah warga membersihkan sampah yang berada di pantai Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban dibuat “pusing” dengan banyaknya sampah popok yang masih dibuang di pantai atau laut Tuban.

Terkait hal itu, sejumlah aktivis lingkungan dari Ecological Observation and Wetlands Observation (Ecoton) Jatim juga menyoroti keberadaan sampah popok yang berada di pantai Tuban.

“Tuban juga disoroti Ecoton terkait keberadaan sampah popok,” kata Bambang Irawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tuban, Jumat, (25/4/2019).

Menurutnya, Pemkab Tuban telah memberikan perhatian serius terhadap masalah sampah khususnya sampah popok. Sebab, sifat sampah itu sulit terurai dan membahayakan.

“Kita telah membuat program untuk mengatasi sampah yang berada di pantai, termasuk sampah popok,” jelas Bambang panggilan akrab Kepala DLH Tuban.

Untuk mengatasi persoalan itu, Dinas Lingkungan Hidup Tuban telah menyediakan lebih 80 drop box. Tempat itu nantinya ditaruh di beberapa lokasi yang digunakan khusus untuk menampung sampah popok.

“Setiap hari petugas akan keliling untuk mengambil sampah popok yang berada di drop box,” ungkap Bambang Irawan.

Ia menambahkan, sampah popok yang telah diambil nantinya akan di bawa di tempat pembuangan akhir (TPA), dan dipisah dengan sampai lainnya. Selanjutnya, sampah itu akan mendapat penanganan khusus dengan dikelola sebagai media tanam karena bisa menyerap air dengan baik.

“Sampah popok nanti akan kita kelola sebagai media tanam, tetapi bukan untuk tanaman buah,” jelasnya.

Mantan Sekretaris DLH Tuban itu menjelaskan, program drop box itu baru dilaksanakan di kota. Karena sampah popok di kota terbilang cukup tinggi.

“Sebagai percontohan (program drop box) dilakukan di kota terlebih dahulu. Setelah itu kita kembangkan di wilayah pesisir pantai Tuban,” ungkap Bambang.

Lebih lanjut, Bambang menghimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarang, khususnya sampah popok bayi. Hal itu dilakukan agar Tuban bersih dari sampah.

“Kita terus mensosialisasikan dan menghimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here