Ditinggal Mudik, Dapur Rumah Warga Plumpang Ludes Terbakar

0
Petugas ketika berada di lokasi kejadian untuk melakukan pemeriksaan.

halopantura.com Tuban – Lebaran hari kedua ini menjadi cerita yang tidak terlupakan bagi keluarga Kasuwi (65), warga dusun Sisir, Desa Kedungsoko, Kecamatan Plumpang, Tuban. Sebab dapur rumahnya ludes terbakar saat korban pergi mudik ke Jombang, Senin, (26/6/2017).

Percikan api itu bersumber dari api tungku yang berada di dapur yang tidak di matikan oleh korban saat di tinggal mudik. Selanjutnya, api membesar dan meratakan isi dapur milik korban.

“Kebakaran dapur rumah itu bersumber dari api tungku yang belum di matikan oleh pemilik rumah saat di tinggal pergi ke Jombang,” terang AKP Elis Suedayati, Kasubbag Humas Polres Tuban.

Peristiwa yang membuat gempar warga sekitar bermula saat pemilik rumah pergi mudik ke Jombang. Kondisi rumah saat itu sudah dalam keadaan kosong di tinggal pemiliknya.

Selanjutnya, sekitar 11.30 Wib, tetangga korban melihat kepulan asap yang berasal dari dapur rumah milik korban. Kobaran api terus membesar dan tetangga korban berteriak mintak tolong.

Mendengar suara itu, para warga berdatangan untuk ikut memadamkan api dengan cara menyiramkan air. Hingga akhirnya kobaran api berhasil di padamkan dengan bantuan warga, sekitar pukul 11.55 Wib.

“Beruntung kobaran api tidak sampai merembet ke rumah warga sekitar,” beber AKP Elis Suedayati.

Menurutnya, kejadian itu tidak sampai ada korban jiwa yang meninggal atau luka-luka. Hanya kerugian materi yang di perkirakan sekitar Rp 2 juta.

“Dapur rumah milik korban mengalami rusak terbakar dibagian atap dan beberapa lainnya,” jelas AKP Elis Suedayati.

Mengetahui hal itu petugas Polsek setempat mendatangi lokasi untuk olah tempat kejadian perkara (TKP). Serta memintai keterangan saksi guna proses penyidikan lebih lanjut.

Selain itu, anggota juga menghimbau kepada masyarakat apabila akan berpergian agar mengecek dapur, apakah kompor atau tungku dipastikan sudah mati. Termasuk listrik dalam kondisi aman dan memberitahukan ke  tetangga kalau akan berpergian.

“Usai melakukan olah TKP, anggota memberikan himbauan kepada warga, tetang memastikan kondisi rumah aman saat di tinggal mudik. Serta memberitahu pada tetangga jika akan mudik,” tegas AKP Elis. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan