Dongkrak Perekonomian, 25 Ribu Orang Bakal Ramaikan Porprov Jatim di Tuban

0
Mirza Ali Mansur, Ketua KONI Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Kabupaten Tuban terpilih sebagai tuan rumah bersama dalam Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) ke VI Jawa Timur di Tahun 2019. Rencananya event tersebut akan digelar pada tanggal 6 sampai 13 Juli 2019.

Di Tuban nanti ada 12 cabang olahraga (Cabor) yang akan di pertandingan dalam event empat tahunan itu, dengan diikuti Kontingen dari 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Event olahraga selama delapan hari yang digelar di Tuban itu dinilai mampu mendongkrak perekonomian buat masyrakat. Sebab, diperkirakan kegiatan tersebut mampu menyedot sekitar 25 ribu orang untuk berkunjung ke Tuban. Terdiri dari, atlet, pelatih, official, dan para pendukung dari masing-masing cabor yang dipertandingkan.

“Diperkirakan jumlah pengunjung yang akan ke Tuban ada sekitar 25 ribu orang dalam pelaksanaan Porprov, itu terdiri atlet, official, pelatih, dan pendukung,” ungkap Mirza Ali Mansur, Ketua KONI Tuban, Kamis, (21/2/2019).

Menurutnya, jumlah puluhan ribu orang yang akan hadir ke Tuban akan memberikan dampak positif buat mendongkrak perekonomian masyarakat. Salah satunya, peluang  usaha kuliner, hotel, pariwisata, dan beberapa usaha lainnya.

“Saat ini saja sudah ada kontingen dari luar Tuban yang sudah pesan hotel. Sehingga adanya Porprov ini, sangat jelas memberikan dampak positif buat seluruh masyarakat termasuk untuk kemajuan pariwisata Tuban,” terang Aming panggilan akrab Ketua KONI Tuban.

Menurutnya, selaku tuan rumah, panitia telah menyiapkan beberapa venue untuk 12 cabor yang akan di pertandingan di Tuban dalam event tersebut. Mulai cabor sepakbola dan atletik akan dipertandingkan di stadion bumi wali atau TSC Tuban.

“Bola voli pantai dan sepatu roda dilaksanakan di Tanah Mas Sport, di pantai Mangrove Center,” terang suami dari Ratna Juwita Sari, salah satu Caleg  DPR RI dari PKB yang maju di Dapil IX Jatim.

Kemudian, ia menjelaskan untuk cabor Paralayang akan dipertandingkan di Bukit Glodakan, Kerek. Tinju di gedung Budaya Loka. Setelah itu, Karate dan Kempo di laksanakan di Gedung Graha Sandiaga Semen Gresik (SG) Tuban.

“Tenis lapangan di gelar di lapangan tenis Pemkab dan SG. Bulu tangkis di GOR Rongga Jaya Anoraga,” tambah Aming.

Lebih lanjut, Aming menjelaskan, Cabor Futsal dilaksanakan di gajah Futsal. Untuk pertandingan Balap Sepeda di jalan Letda Sucipto, TSC, dan trek Watu Rumput Semanding.

“Kita berusaha menjadi tuan rumah yang baik, dan bisa menarik masyarakat di luar Tuban untuk datang kembali ke Tuban, itu harapan Pemkab,” tambahnya.

Sebatas diketahui, tuan rumah bersama untuk Porprov Jatim tahun ini berada di 4 Kabupaten. Diantaranya, Kabupaten Tuban ada 12 cabor yang dipertandingkan.

Kemudian Kabupaten Gresik ada 9 cabor, Lamongan 10 cabor, dan Bojonegoro ada 12 cabor. Sedangkan penutupan Porprov akan dilaksanakan di Tuban. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here