DPRD Tuban Minta Keracunan Massal Diusut Tuntas

1
Kondisi korban yang dirawat di rumah sakit umum daerah (RSUD) dr. Koesma Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Keracunan massal yang dialami puluhan balita usai mengikuti acara Posyandu, dan lomba program sepuluh pokok PKK, di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Tuban, menuai keprihatinan dari wakil rakyat.

Bahkan DPRD Tuban meminta perkara itu diusut tuntas terkait penyebab terjadinya keracunan massal. Serta pihak Dinas Kesehatan Tuban diminta turun ke lapangan untuk mengetahui penyebab kejadian tersebut.

“Semoga kejadian ini tidak terulang lagi,” ungkap Hj. Tri Astuti, Wakil Ketua Komisi C DPRD Tuban yang membidangi masalah kesehatan, Senin, (12/3/2018).

Politisi senior asal partai Gerindra itu juga mengaku sangat menyayangkan kejadian tersebut. Seharunya didalam pemberian makanan tambahan (PMT) baik itu untuk balita, ibu hamil, maupun lansian harus memenuhi standar gizi.

“Kejadian itu harus ditangani secara serius,” tambah Hj. Tri Astuti kepada wartawan ini.

Selain itu, Hj. Tri Astuti, meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban harus turun tangan secara langsung untuk mengetahui apa penyebab dari indikasi keracunan itu. Apakan benar dari makanan yang di konsumsi ataukah ada penyebab lain.

“Kita juga perlu kehati-hatian di dalam memilih bahan makanan dan pengolahannya. Supaya kejadian serupa tidak terulang,” tegasnya.

Sementara itu, Plt. Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Endah Nurul, mengatakan Posyandu rutin dilakukan sebulan sekali, hanya hari ini bertepatan dangan jadwal penilaian Program PKK. Sehingga dalam kejadian itu ada korban sebanyak 22 pasien yang telah dirawat di dua rumah sakit.

“Meraka dirawat di rumah sakit umum Tuban, dan medika mulia Tuban,” ungkapnya.

Dinkes Tuban juga telah mengambil beberapa sampel makanan dan juga muntahan korban untuk dilaboratorium. Serta sampai saat ini dinkes masih menggu hasil laboratorium untuk mengetahui penyebeb keracunan massal.

“Kita masih menunggu hasil laboratorium,” jelas Plt. Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban.

Sebatas diketahui, Puluhan balita mengalami keracunan massal diduga usai mengkonsumsi makan dalam kegiatan Posyandu, di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Tuban.

Baca : https://www.halopantura.com/puluhan-balita-di-palang-keracunan-massal-usai-ikuti-kegiatan-posyandu/

Disela-sela acara, para undangan diberikan snack anak-anak, dan makanan yang bersisi menu sayur sop, tempe, dan daging ayam.

Setelah itu, anak-anak makan menu yang telah disediakan oleh panitia. Setelah pulang, para balita merasa mual dan muntah-muntah hingga akhirnya di larikan di rumah sakit untuk penanganan medis. (rohman)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here