DPRD Tuban : Penyerapan Anggaran Rendah Masyarakat Jadi Korban

0
Cancoko, salah satu anggota Dewan Tuban dari Fraksi Partai Demokrat. (rohman)

halopantura.com Tuban – Penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tuban pada semester dua di tahun 2017 yang belum maksimal mendapat sorotan keras dari anggota dewan. Karena sejauh ini, realisasi penyerapan anggaran baru mencapai sekitar 40 persen dari total anggaran sekitar Rp 2,18 triliun.

“Kami akan mendorong masing – masing OPD untuk melakukan penyerapan anggaran di optimalkan,” kata Cancoko, salah anggota dewan dari Fraksi Partai Demokrat, Jum’at, (14/7/2017).

Menurutnya, anggota dewan selalu menyarankan agar masing – masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tuban memiliki target dan skedul yang jelas dalam rangka melaksanakan programnya. Supaya penyerapan anggaran atau realisasi program sesuai dengan perencanaan awal.

“Jika penyerapan anggaran dilakuka di akhir tahun, secara otomatis hasil dari program kegiatan tidak bisa maskimal dan berdampak kepada masyarakat luas,” beber Cancoko kepada wartawan ini.

Kondisi seperti itu, Cancoko menjelasakan, seharusnya pada saat merencanakan program kegiatan selama satu tahun, tentunya menentukan jadwal pelaksana dan program dilaksanakan sesuai jadwal. Sehingga persoalan sekarang, apakah jadwal dan target waktu pelaksanaan kegiatan itu sudah dimiliki dan dilaksanakan dangan baik oleh OPD Tuban.

“Untuk mengetahui persoalan itu, Kami akan segera mengevaluasi terkait persoalan tersebut, supaya OPD bisa menjelaskan apa penyebab dan kendala yang di hadapi. Sehingga serapan anggara nantinya bisa sesuai dengan target,” tambah pria asal Kecamatan Palang itu.

Lebih lanjut, jika perencanaan tidak di laksanakan sesuai jadwal, maka akan berdampak pada pelaksanaan program kegiatan yang tidak maksimal. Serta berdampak pada penyerapan anggaran yang juga tidak bisa sesuai target yang diinginkan.

“Kondisi seperti itu, nantinya yang dirugikan adalah masyarakat,” tegas Cancoko.

Baca : https://www.halopantura.com/semester-kedua-penyerapan-apbd-tuban-baru-mencapai-40-persen/

(rohman)

Tinggalkan Balasan