EMCL Laksanakan Gerakan Menanam Pohon di Pesisir Pantai

0
Para pelajar begitu antusias mengikuti penanaman di pantai, Palang, Tuban.

halopantura.com Tuban – Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL) bekerjasama dengan YayasaneL-SAL melakukan penanaman 2.300 bibit pohon mangrove dan cemara laut, dilaksanakan di sepanjang pesisir Pantai Tuban, tepatnya di Desa Karang Agung dan Desa Leran Kulon Kecamatan Palang, Tuban, Rabu, (31/10/2018).

Acara yang rutin dilaksanakan itu sebagai usaha untuk merehabilitasi laut melalui kegiatan rehabilitasi pesisir pantai Tuban. Kegiatan itu juga sebagai gerakan penanaman pohon melalui program penghijauan wilayah pesisir Pantai.

Penambahan secara simbolis tersebut dihadiri lebih dari 250 orang, termasuk para pelajar. Hadir pula dalam kegiatan ini meliputi Staf Ahli Pemkab Tuban, Kodim Tuban, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan dan Perairan, Kemenag Tuban, Camat Palang, Polsek Palang, Koramil Palang, dan beberapa undangan terkait lainnya.

Ahmad Shohib, Ketua umum Yayasan eL-SAL Indonesia menjelaskan tujuan utama dari Program ini adalah untuk memperbaiki ekosistem pantai dan hasil yang diharapkan adalah meningkatnya jumlah lahan reboisasi pantai yang ada di pesisir Tuban Khususnya di Desa Karang Agung dan Leran Kulon Kecamatan Palang.

“Selain itu, hasil yang diharapkan juga bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kelestarian lingkungan hidup,” tambahnya.

Tujuan lain dari program ini adalah untuk mengembangkan semangat kerelawanan di kalangan pelajar, sehingga melalui program ini kita juga melaksanakan kegiatan pengembangan sekolah Adiwiyata.

Hasil yang diharapkan adalah memberikan edukasi kepada siswa/siswi tentang pentingnya kelestarian lingkungan hidup. Serta mengajak siswa/siswi untuk mengadopsi pohon yang telah ditanamnya untuk dirawat sebaik-baiknya.

“Ada 7 (tujuh) lembaga pendidikan yang kita berikan dampingan dalam pengembangan sekolah Adiwiyata,” terang Ahmad Shohib.

Masing – masing sekolah itu adalah SMKN Palang, SMK NU Palang, SMA Muhammadiyah 2 Palang, MA Al Mustofawiyah Palang, SMPN 1 Palang, MTs Muhammadiyah 1 Palang, dan MTs Al Mustofawiyah Palang.

Lebih lanjut, Ahmad Shohib menambahkan Klkegiatan penghijauan ini adalah bentuk kepedulian EMCL terhadap lingkungan, khususnya di wilayah pesisir pantai Tuban.

“Untuk ketahui bersama, bahwa dalam program ini kita akan melaksanakan penanaman 2.300 pohon berupa pohon mangrove dan Cemara Laut,” Imbuh Ichwan

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Kartono, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan Dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Tuban. Dalam sambutanya, Staf Ahli menyampaikan terimakasih kepada SKK Migas, EMCL dan eL-SAL karena telah peduli terhadap lingkungan di Kabupaten Tuban khususnya di Wilayah Pesisir.

“Saya juga menyampaikan bahwa Bupati Tuban Bapak H. Fathul Huda yang tidak bisa hadir dalam kegiatan ini karena ada kegiatan di Jakarta,” terangnya. (mus/roh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here