Empat Program Dinas Perhubungan Tuban Gagal Diwujudkan

0
Salah satu pelayanan di Dinas Perhubungan Tuban. (dok)

halopantura.com Tuban – Empat program buat masyarakat yang berada di Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tuban tidak di realisasikan pada tahun 2016 kemarin alias tak terwujud. Total pagu anggaran yang telah dirancang untuk empat program itu sebesar Rp 1.030.000.000,00.

“Dalam pertanggungjawaban APBD tahun 2016 ada beberapa dinas yang programnya tidak di realisasikan. Seperti Dinas Perhubungan ada empat program,” terang Mohammad Musa, anggota Fraksi Golkar dan Keadilan Sejahtera DPRD Tuban, Selasa, (27/6/2017).

Empat program yang tidak terwujud itu, diantaranya program sosialiasi keselamatan lalu lintas angkutan jalan dengan pagu anggaran Rp 50 juta. Kemudian program peningkatan landasan dan marka parkir tempat khusus parkir wisata Kebonsari dengan pagu Rp 880 juta.

Selanjutnya, program ketiga yang tidak terwujud tentang Survey kecepatan rata-rata dengan pagu Rp 50 juta, dan terakhir program kegiatan survei OD (Asal Tujuan) dengan Rp 50 juta.

“Keempat kegiatan itu realisasi anggaran sebesar Rp 0 di karenakan adanya penghematan anggaran pada APBD 2016,” jelas Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein.

Menurutnya, hal itu merupakan dampak dari program penghematan dari Pemerintah Pusat. Sehingga masing-masih Dinas atau OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Tuban ada pemangkasan anggaran di tahun lalu.

“Pemangkasan anggaran untuk Dinas Perhubungan sebesar Rp 1 miliar lebih, sehingga empat program itu tidak terealisasi pada tahun 2016 kemarin,” beber Wabup Tuban.

Selain itu, pada dinas pekerjaan umum (PU) Tuban ada 30 paket kegiatan yang tidak di laksanakan pada tahun kemarin. Hal itu dikarenakan adanya penghemantan dana alokasi umum (DAU) dari pemerintah Pusat. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan