Enam Parpol Kompak Gagas Poros Baru Hadapi Pilkada Tuban 2020

0
Para pimpinan parpol ketika bertemu di markas Sekber Poros Perubahan Tuban.

halopantura.com Tuban – Enam partai politik (Parpol) di Kabupaten Tuban, mulai membangun kekuatan untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. Gabungan Parpol ini bertekad mengusung calon bupati dan wakil bupati Tuban dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Enam Parpol tersebut terdiri dari Partai Gerindra, PDI Perjuangan, dan Sekretariat Bersama (Sekber) Poros Perubahan. Sekber itu merupakan gabungan dari PPP, NasDem, PAN, dan Demokrat.

Selain itu, para petinggi beserta elite dari masing-masing parpol juga telah beberapa kali bertemu untuk menyamakan visi misi. Dan saat ini mereka tengah membahas sejumlah nama yang bakal di usung sebagai calon bupati maupun wakil bupati Tuban didalam Pilkada tahun ini.

“Dalam pertemuan enam Parpol ini telah menyepakati nama-nama yang akan diusung,” ungkap Hj. Tri Astuti Ketua DPC Partai Gerindra Tuban, Senin, (20/1/2020).

Namun begitu, Hj. Tri Astuti belum mau menyebutkan identitas nama-nama yang tengah dibahas diinternal parpol tersebut. Pasalnya, masih menunggu mekanisme aturan dari masing-masing parpol yang sedang berjalan.

“Nama-nama yang akan di usung bersama sambil menunggu mekanisme yang sedang berjalan di poros perubahan,” tambah Hj. Tri Astuti Ketua Komisi IV DPRD Tuban.

Menurutnya, nama-nama yang telah disepakati itu dijadikan bahan diskusi sebagai pertimbangan untuk melangkah lebih lanjut. Termasuk dalam pertemuan enam Parpol ini juga akan mempertegas arah koalisi pada Pilkada ini.

“Pertemuan ini mempertegas arah koalisi. PDIP dan Gerindra sepakat menunggu proses yang di lakukan poros perubahan,” jelasnya.

Sebatas di ketahui, jika enam Parpol itu resmi berkoalisi di Pilkada serentak, maka mereka memiliki kekuatan hampir 50 persen dari 50 kursi di DPRD Tuban, yakni 22 kursi legislatif.

Jumlah kekuatan parlemen itu terdiri dari partai Gerindra 5 kursi, PDIP 5 kursi, PPP 2 kursi, NasDem 2 kursi, PAN 3 kursi, dan Demokrat 5 kursi.

Dimana, Gerindra bersamaan PDI Perjuangan terlebih dahulu telah membentuk koalisi merah putih. Keputusan itu diambil setelah para pentinggi dari dua parpol itu bertemu di kantor DPC Partai Gerindra Tuban, Kamis, (26/12/2019).

Namun, keputusan tersebut belum dideklarasikan secara resmi. Alasannya, masih menunggu arahan pimpinan pusat dari kedua parpol itu.

Selanjutnya, hingga saat ini sudah ada sejumlah nama kuat tengah masuk didalam bursa calon kepala daerah di Pilkada Tuban. Seperti Eko Wahyudi, Mirza Ali Manshur, Agus Maimun, Setiajit, H. Anwar, dan Gus Fredy putra mahkota Bupati Tuban H. Fathul Huda.

Selain itu ada nama Ketua DPC PKB Tuban Noor Nahar Hussein, Amir Burhanuddin, H. Warih, Adi Widodo, Lindra putra mantan Bupati Tuban Heany, dan beberapa kandidat lainnya. (rohman)

Tinggalkan Balasan