ExxonMobil Gelar Cangkruk Mathuk Mengelola Bisnis Media Online

0
Suasana Cangkruk Mathuk tentang mengelola bisnis media online bersama jurnalis Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – ExxonMobil bekerja sama dengan Tempo Institute menggelar Cangkruk Mathuk tentang mengelola bisnis media online. Kegiatan itu diikuti oleh lebih dari dua puluh peserta dari beberapa media lokal di Tuban, dilaksanakan di Tuban, Jumat, (5/12/2019).

Kegiatan itu dalam rangka untuk berbagi pengalaman sesama praktisi media. Termasuk menambah wawasan tentang bagaimana mengelola bisnis media online yang baik.

“Cangkrukuk berarti nongkrong atau kongkow. Sementara mathuk artinya tepat bermanfaat. Harapannya, kita bisa nongkrong sambil menambah wawasan baru yang bermanfaat,” kata Rexy Mawardijaya, Juru Bicara dan Humas ExxonMobil di awal kegiatan.

Dalam kegiatan itu mendatangkan narasumber dari Pendiri Kabar Makassar, Upi Asmaradhana. Ia berpesan agar wartawan tidak melupakan prinsip-prinsip jurnalistik.

“Dalam menjalankan tugas jangan lupa selalu menerapkan prinsip jurnalistik, karena itu merupakan nilai-nilai yang harus dijaga,” ungkapnya.

Selain itu, Upi juga menjawab pertanyaan peserta mengenai bagaimana menjaga eksistensi Kabar Makassar.

Ia menjelaskan Kabar Grup Indonesia atau KGINetwork merupakan jaringan media lokal yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia, antara lain Kabar Makassar, Kabar Mataram, Kabar Jakarta, Kabar Toraja, dan Kabar Sorong.

Termasuk Upi menjelaskan mulai dari merintis dengan modal Rp 750 ribu, hingga memasarkan media lokal melalui kanal digital hingga menjadi jaringan media lokal raksasa di Indonesia. Hal itu diharapkan menginspirasi media-media lokal di Tuban. (rohman)

Tinggalkan Balasan