Fokus Latihan, 74 Anggota Paskibraka Tuban Jalani Masa Karantina

0
Anggota Paskibraka Kabupaten Tuban 2019.

halopantura.com Tuban – Sebanyak 74 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Tuban Tahun 2019, tengah menjalani latihan yang dipusatkan di gedung Korpri Pendopo Tuban. Mereka diharapkan dapat menyerap materi yang diberikan oleh para pelatih.

“Paskibraka tahun ini ada sebanyak 74 peserta, terdiri dari 39 siswa dan 35 siswi yang berasal dari  SMA/SMK /MA Negeri dan swasta di wilayah Kabupaten Tuban,” kata Sekretraris Daerah (Sekda) Dr. Budi Wiyana, Minggu, (4/8/2019).

Menurutnya, para peserta yang telah memulai melaksanakan pelatihan intersif terhadap Calon Paskibraka Tuban tahun 2019. Karena ada perubahan dan inovasi dalam rangka optimalisasi.

Salah satunya adalah pelatihan yang dilaksanakan secara terpusat, dan peserta menjalani karantina di Gedung Korpri Kompleks Pendopo Krida Manunggal selama 21 hari ini, mengingat peserta  tidak hanya berasal dan kota tuban tapi dari seluruh kecamatan.

“Pelatihan secara terpusat ini bisa lebih maksimal dan fokus. Sehingga tidak banyak alasan baik terlambat ataupun lain-lainnya,” ungkap Sekda Tuban.

Sekda juga berharap, kedepan output anggota paskibraka ketika pelaksanaan upacara pengibaran dan penurunan dapat melaksanakan dengan lancar sesuai SOP dan tidak terjadi kesalahan sedikitpun.

“Pelatihan ini tidak hanya materi-materi yang wajib, tetapi ada point khusus yang bisa menghasilkan anggota paskib yang unggul dari sisi kemampuan, kompetensi serta bermoral,” ungkapnya.

Sekda menginginkan kegiatan pelatihan Paskibraka dilaksnakan secara optimal dan bisa menghasilkan SDM unggul, berkarakter dan bermoral, serta tidak hanya sebatas bisa mengibarkan sang saka merah putih.

“Nantinya alumni-alumni paskibraka ada keberlanjutannya dan bermanfaat untuk menjadi potensi Kabupaten Tuban dari segi SDM,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban, Sulistyadi menyampaikan, masksud diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memenuhi syarat administrasi sebagai anggota paskibraka Tuban yang memiliki kemampuan berkualitas, tanggap. Sehingga mereka nanti siap untuk menjalankan tugasnya sebagai pengibaran bendera pada upacara 17 Agustus 2019.

“Sesuai regulasi ditetapkan kelompok pasukan 17, 8 dan 45 untuk melaksanakan tugas pengibaran bendera di Alun-alun Tuban,” terangnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan di tahun ini pelatihan berbasis karantina, dengan menempati gedung Korpri yang dianggap representatif dan berdekatan dengan lokasi utama kegiatan yaitu Alun- Alun Tuban.

“Ini juga untuk mensinyalir berbagai resiko keamanan apabila harus pulang pergi dari rumah, mengingat peserta berasal dari seluruh wilayah kabupaten tuban. selain itu juga untuk membangun jiwa korsa dan kerjasama yang lebih baik diantara para peserta,pelatih dan panitia,” pungkasnya. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan