Fraksi PDI Perjuangan Dorong Pemkab Tuban Manfaatkan Balai Latihan Kerja

0
Para pencari kerja ketika berada di GOR Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Tuban mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban untuk memanfaatkan keberadaan balai latihan kerja (BLK). Hal itu dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan tenaga kerja warga lokal Tuban.

“Latihan di BLK itu sebagai bekal masyarakat atau warga untuk memasuki dunia kerja. Kita juga mendorong  pemerintah untuk memanfaakan secara maksimal adanya BLK itu,” terang Karjo, Fraksi PDI Perjuangan, Selasa, (11/7/2017).

Menurutnya, fraksi melihat hanya ada anggaran Rp 500 juta pada tahun 2016 untuk pelatihan tersebut. Jumlah anggaran itu sangat kecil, dan mohon ditingkatakan untuk tahun anggaran mendatang.

“Pelatihan dengan memanfaatkan keberadaan BLK dapat meningkatkan kemampuan, dan keterampilan tenaga kerja. Sehingga mereka nantinya siap menghadapi dunia kerja,” tegas Karjo, ketua komisi B DPRD Tuban.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, menjelaskan dalam anggaran 2016 dinas sosial dan tenaga kerja Kabupaten Tuban sudah melaksanakan kerjasama dengan UPT pelatihan kerja Provinsi Jawa Timur. Kerjasama itu dalam rangka untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) tenaga kerja.

“Kerjasama itu meliputi kegiatan pelatihan berbasis formal maupun non formal. Seperti pelatihan las, teknik listrik, otomotif, menjahit, dalon, dan tata rias,” beber Wabup Tuban.

Lebih lanjut, Wabup menjelaskan pada tahun 2017 ini, melalui Dinas penanaman modal, pelayanan terpadu satu pintu, dan tenaga kerja Kabupaten Tuban, telah melanjutkan kerja sama dengan UPT pelatihan kerja Provinsi Jatim. Kerja sama itu untuk pelaksanaan kegiatan pelatihan berbasis kompetensi.

“Pelatihannya meliputi las listrik 1G sampai 3G, las listrik tingkat lanjutan 4G, dan uji kompetensi kejuruan las sebanyak 9 paket pelatihan yang terdiri dari 150 orang. Dengan rincian anggaran sebanyak Rp 750 juta,” tegas politisi senior asal PKB itu. (rohman)

Tinggalkan Balasan