Gali Potensi Perikanan, DPRD Tuban Kunjugan Kerja ke Banyuwangi

0
Foto bersama antara Komisi B DPRD Tuban dengan DPRD Banyuwangi usai sharing.

halopantura.com Tuban – Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban melakukan kunjungan kerja (kungker) ke DPRD Banyuwangi dan Jember. Kungker itu dalam rangka studi banding atau sharing informasi tentang pengembangan usaha di bidang perikanan, Selasa, (16/1/2018).

Rombongan kungker itu di ketuai oleh Rudi Harianto, wakil ketua DPRD Tuban. Serta seluruh anggota komisi juga begitu antusias untuk menggali potensi yang ada perikanan yang ada di daerah tersebut.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Banyuwangi, Ir.Hary Cahyo yang ikut menerima rombongan menjelaskan tentang berbagai kegiatan yang telah dilakukan. Serta menjelasakan wilayah geografis Banyuwangi yang tidak jauh berbeda dengan Kabupaten Tuban yang memiliki wilayah pantai yang potensial.

Selain itu garis pantai Banyuwangi lebih panjang dari Tuban yakni sekitar 175,8 kilo meter yang membujur sepanjang batas selatan timur, dan memiliki 10 pulau.

Lebih lanjut, di Banyuwangi dalam usaha pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dilakukan berbagai upaya dalam kerangka pengentasan kemiskinan. Kegiatan proyek tahun-tahun sebelumnya dilakukan upaya penguatan kelembagaan bagi Kelompok Usaha Bersama (KUB).

Salah satunya dengan mendapat pelatihan  maupun melalui fasilitasi pemberian paket dengan sistem bergulir. Diantaranya adalah paket palkanisasi kapal perikanan, paket bergulir keramba jaring apung, serta pelatihan pengolahan ikan bagi wanita nelayan, dan bantuan sarana pengolahan ikan.

Upaya-upaya tersebut secara riil sesungguhnya lebih menyentuh pada upaya meningkatkan aspek manajemen dan kinerja produksi baik kualitas maupun kuantitasnya. Sehingga pada akhirnya diharapkan akan meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi.

Dalam tataran tersebut,  dirasakan telah membawa perubahan yang cukup memadai. Namun diakui oleh Hari Cahyo, ada aspek lain yang belum tertangani dan teratasi, salah satunya aspek pemasaran produk-produk perikanan yang dihasilkan.

Tantangan itu sebagi tugas besar untuk dicarikan solusinya karena aspek pemasaran sangat penting sebagi titik kunci pengembangan suatu produk dan pertumbuhan suatu kawasan.

Semakin besar peluang pemasaran suatu produk, semakin besar pula produk tersebut untuk berkembang, dalam skala yang lebih besar akan membuka peluang semakin berkembang perekonomian di kawasan yang bersangkutan.

Sementara itu, Karjo, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Tuban, menyampaikan kunjungan kerja ini sangat penting untuk membangun wawasan yang nantinya akan disampaikan kepada eksekutif. Dengan harapan, potensi bidang perikanan dan kelautan yang ada di Tuban untuk segera dimaksimalkan dalam kerangka usaha pengentasan kemiskinan.

“Hasil kunjungan ini nanti akan kita sampaikan kepada eksekutif,” tegas Karjo yang didampingi semua anggota Komisi B DPRD Tuban. (mus/roh)

Tinggalkan Balasan