Gandeng PWI, Semen Indonesia Gelar Pelatihan Optimalisasi Website Desa

0
Para peserta begitu antusias mengikuti pelatihan tentang penulisan pemberitaan dan operator website desa. (rohman)

halopantura.com Tuban – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk – Pabrik Tuban bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban melaksanakan pelatihan tentang penulisan pemberitaan dan operator Website desa, bertempat di ruang paripurna DPRD Kabupaten Tuban.

Kegiatan pelatihan itu diikuti perwakilan perangkat di 26 desa yang berada di sekitar perusahaan tersebut. Yakni masing-masing desa yang berada di wilayah Kecamatan Jenu, Marakurak, dan Kerek. Dilakukan selama dua hari mulai Senin (16/12/2019) hingga Selasa (17/12/2019).

“Kita berharap pelatihan ini memberi manfaat buat desa yang berada disekitar perusahan Semen Indonesia pabrik Tuban, dan kegiatan ini bisa terlaksana atas kerjasama Semen Indonesia dengan teman-teman,” ungkap Ketua PWI Tuban, Pipit Wibawanto.

Selama dua hari, para peserta mendapatkan beberapa materi tentang teknik menulis berita, pengembangan menulis berita, dan Keterbukaan Informasi Publik. Kemudian dihari kedua mendapatkan pelatihan tentang pengoperasian website, pengoptimalan pengelolaan Website desa, dan materi tentang UU ITE.

Tak hanya itu, dalam kegiatan itu juga dilakukan penandatanganan tentang komitmen bersama dalam optimalisasi website desa.

“Kita juga lakukan tanda tangan komitmen bersama, dan pelatihan sangat penting bagi perangkat desa untuk mengetahui dan mahir dalam mengoperasikan website desa, dan pemahaman dalam menulis berita,” ungkap Pipit panggilan akrab Ketua PWI Tuban.

Ia menjelasakan website ini merupakan salah satu fitur utama dari internet yang merupakan media penyebaran informasi, media interaksi secara online dan media untuk berbagi informasi secara realtime. Kemudian Informasi pada website dapat disajikan dalam bentuk multimedia (teks, grafik, gambar, suara, dan video).

“Hal itu untuk memudahkan pengaksesnya dalam memahami informasi yang disampaikan,” jelas Pipit.

Pelatihan ini selain memberikan pemahaman tentang bagaimana fungsi dan kegunaan website desa, juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam membuat, mengolah, mengelola, menyalurkan, dan mendistribusikan informasi melalui website dengan tepat dan menarik. Bahkan bisa menyajikan informasi berita desa dengan baik dan benar.

“Kompetensi yang diharapkan setelah melakukan pelatihan ini adalah peserta pelatihan menjadi mampu dan memiliki keahlian dalam mengoperasikan website desa. Serta mampu mengupload informasi tentang desa serta menyiarkan hasil program unggulan desa,” jelasnya.

Bupati Tuban, Fathul Huda saat dikonfirmasi memberikan apresiasi yang luar biasa akan agenda rencana yang dilakukan Jurnalis Tuban dan Stakeholder dalam hal ini Semen Indonesia. Sebab dewasa ini masih awam tentang apa manfaat dan kegunaan website desa.

“Kita dorong dan kita bantu agar semua desa merasakan pelatihan ini. Sebab penting sekali ini. Kalau Informasi di desa itu bisa berjalan dengan baik, maka kinerja desa dan pemerintah, atau perusahaan bisa di cover dengan baik,” ungkap Bupati Tuban.

Hal sama juga disampaikan Senior Manager of Public Relation & CSR Semen Indonesia, Setiawan Prasetyo. Ia mengatakan, website desa harus lebih dioptimalkan lagi.

Tidak hanya itu, ia mengungkapkan bahwa website desa ini sebagai sumber berita atau informasi data desa saja. Namun, bisa juga digunakan sebagai sarana promosi potensi desa.

“Jika desa mempunyai wisata maupun produk unggulan desa juga bisa dipromosikan melalui website ini,” ungkapnya.

Setiawan menambahkan, website desa juga bisa digunakan sebagai sarana komunikasi antara Pemerintah Desa dengan warga masyarakat. Misalnya, didalam website tersebut diberikan kolom saran dari masyarakat untuk Pemdes.

“Bisa juga didalam website itu diberi from-from administrasi kependudukan. Jadi website desa itu sangat banyak manfaatnya. Untuk itu mari kita optimalkan website desa ini,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Tuban H. Miyadi juga mengapresiasi kegiatan tersebut karena mampu meningkatkan kemajuan desa dalam optimalisasi website. Ia pun meminta agar para desa terus berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman di era Industrialisasi 4.0

“Kita minta agar desa terus berinovasi, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (rohman)

Penandatanganan tentang komitmen bersama dalam optimalisasi website desa. (rohman)

Tinggalkan Balasan