Gandeng RPS, Pertamina EP Gelar Sekolah Jurnalistik di SMAN 1 Soko

0
Para peserta begitu antusias mengikuti sekolah jurnalistik. (RPS Tuban)

halopantura.com Tuban – Pertamina Eksplorasi Produksi (EP) Asset 4 Sukowati Field menggelar sekolah jurnalistik di SMAN 1 Soko. Kegiatan itu diikuti 32 pelajar selama dua hari sejak Senin, (24/9/2018).

Sekolah jurnalistik itu dilaksanakan bekerjasama dengan organisasi wartawan yang tergabung di Ronggolawe Press Solidarity (RPS) Tuban. Hal itu sebagai bentuk kepedulian perusahaan di dunia pendidikan, khususnya pemahaman jurnalistik dasar buat pelajar.

Selama dua hari, para peserta mendapatkan  beberapa materi jurnalistik yang disampaikan teman-teman media Tuban. Seperti, materi menjadi netizen yang cerdas, dasar-dasar jurnalistik, fotografi, video jurnalistik, teknik reportase dan wawancara.

Selanjutnya, materi dilanjutkan dengan teknik menulis berita, praktik reportase dan wawancara, praktik menulis berita, dan ditutup evaluasi.

“Kegiatan sekolah jurnalis ini dilaksanakan selama dua, dengan materi disampaikan teman-teman media Tuban,” kata Ketua RPS Tuban, Khoirul Huda.

Ketua RPS Tuban mengucapkan terima kepada Pertamina EP Asset 4, karena ini tahun kedua dilaksanakan sekolah jurnalistik. Dimana sebelumnya dipusatkan di Senori sekitar Lapangan Migas Tapen dan Kecamatan Kenduruan sekitar Sumur Albatros Putih (ABP-1).

“Kami mohon para peserta, dan diharapkan pula pasca pelatihan ini, ada siswa/siswi di SMAN 1 Soko yang meneruskan profesi sebagai jurnalis,” jelasnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Soko, Edi Sasmito, mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh RPS dan Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field. Pihaknya merasa bangga karena lembaganya yang berada di sekitar Lapangan Migas Mudi ditunjuk menjadi sasaran program.

“Semoga usai pelatihan anak-anak bisa menerapkan ilmunya, dan bermanfaat buat kemajuan sekolah,” tambah Kepala Sekolah itu.

Hal sama juga disampaikan Camat Soko, Suwito yang ikut menghadiri pembukaan kegiatan. Ia mengatakan seorang jurnalistik atau wartawan itu merupakan profesi yang mulia. Profesi jurnalis sama dengan ulama’. Bedanya jurnalis kaitannya dengan media. Kalau ulama menyampaikan berita yang berkaitan dengan seagamanya.

“Atas nama Pemerintah Kec Soko mengucapkan apresiasi kepada RPS, dan Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field,” tegas mantan Camat Grabagan.

Sementara itu, Assistant Manager Pertamina EP Panji Galih Anoraga, memberikan informasi mengenai pengelolaan sumber minyak dan gas bumi yang dikenal sekitar masyarakat Soko sekarang dipegang Pertamina EP yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Sebelumnya Lapangan Mudi dioperasikan Joint Operating Body Pertamina-Petrochina East Java (JOB P-PEJ) selama 30 tahun dan kontraknya berakhir 20 Mei 2018. Sekarang Lapangan Migas ini sudah diambil alih Pemerintah melalui Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field.

“Sukowati dan Mudi di Tuban sekarang 100 persen merah putih. Murni Pemerintah,” pungkasnya. (mus/roh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here