Gandeng Unirow, PWI Tuban Gelar Goes to Campus Sukseskan Program Kampus Merdeka

0
Kepala LLDIKTI wilayah VII Prof. Suprapto DEA, ketika memaparkan penjabaran MBKM dihadapan para mahasiswa.

halopantura.com Tuban – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban menggelar kuliah umum Goes to Campus dengan tema Sukseskan Kampus Merdeka, bertempat di gedung rektorat lantai 2 Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, Selasa (23/11/2021).

Kegiatan yang bekerjasama dengan Unirow itu menerapkan protokol kesehatan (prokes) sesuai anjuran pemerintah guna mencegah penyebaran virus corona. Diantaranya, para mahasiswa yang mengikuti kegiatan wajib pakai masker, dilakukan cek suhu, jaga jarak, dan lainnya.

“Semua menerapkan prokes karena saat ini masih Pandemi Covid-19. Kita juga minta kepada para mahasiswa untuk ikut mensosialisasikan terkait prokes,” ungkap Khusnul Ketua Panitia kegiatan PWI Tuban Goes to Campus.

Dalam kegiatan tersebut, juga menghadirkan beberapa pemateri. Diantaranya, pengarahan tentang program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Aris Junaedi.

Selanjutnya, penjabaran MBKM dari Kepala LLDIKTI wilayah VII Prof. Suprapto DEA. Dilanjutkan, materi tentang Undang-undang pers dan sengketa pers dari Dewan Pers, Agus Sudibyo, dan terakhir perwakilan dari PWI Jatim Eko Pamuji.

“Kegiatan berjalan lancar dan para pemateri juga begitu antusias dalam menyampaikan materinya. Peserta kegiatan adalah perwakilan mahasiswa yang ada di kampus Tuban,” jelas Khusnul.

Kemudian Ketua PWI Tuban Pipit Wibawanto mengatakan, insan media atau wartawan tidak hanya berkecimpung dalam urusan pemberitaan. Namun, wartawan juga memiliki tanggungjawab mengamalkan ilmunya dan mengenalkan ilmu jurnalistik kepada masyarakat khususnya mahasiswa.

“Dalam kesempatan lain Unirow juga sering mengundang wartawan untuk memberikan materi tentang jurnalistik,” jelas wartawan MNC Media tersebut.

Tak jauh beda juga diutarakan Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim. Pria yang baru saja terpilih menakhodai PWI Jatim itu mengapresiasi sinergitas civitas akademika Unirow yang telah memberi ruang kepada PWI Tuban untuk ikut berkontribusi dalam menambah kapasitas pembelajaran mahasiswa. Khususnya materi yang bertema jurnalistik dan literasi media digital.

“Kegiatan ini langkah luar biasa dilakukan PWI Tuban dengan masuk ke kampus dan ikut ambil bagian dalam mensukseskan program kampus Merdeka,” ujar pria yang akrab disapa Lutfi ini.

Menurutnya, di era digitalisasi seperti saat ini, ruang publik khususnya dunia maya sangat terbuka dan dipenuhi dengan informasi-informasi yang belum tentu kebenarannya. Untuk itu, mahasiswa tidak hanya aktif didalam media sosial. Namun, mahasiswa harus mampu mengisi ruang publik dengan informasi-informasi yang berbobot dan berkualitas.

“Saat ini, semua orang bisa menjadi jurnalis. Melalui kegiatan ini, mahasiswa bisa mengikuti tahapan-tahapan dalam menyusun sebuah pemberitaan yang selama ini dilakukan oleh para insan media. Sehingga informasi yang disampaikan berkualitas, mencerdaskan, dan dapat mencerahkan masyarakat umum,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Unirow Tuban, Prof. Dr. Supiana Dian Nurtjahyani M.Kes mengatakan, Unirow Tuban menjadi satu-satunya kampus di Tuban yang dinyatakan lolos dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Terima kasih kepada PWI Tuban karena sinergitas yang telah terjalin dapat diwujudkan secara nyata. Semoga teman-teman PWI bisa menjadi penyambung dalam melakukan edukasi dan literasi yang smart, serta dapat memberikan informasi yang benar kepada masyarakat,” kata Prof Dian dalam sambutannya.

Rektor perempuan ini menjelaskan, program MBKM yang dicanangkan Kemendikbud Ristek memberikan ruang kepada mahasiswa untuk belajar diluar kampus selama 3 semester. Sehingga, mahasiswa tidak hanya belajar didalam kelas tapi dapat memilih segala wahana baik bidang kemanusiaan, pemerintahan, dan kegiatan sosial lainnya.

“Dengan program MBKM ini dapat membuka wacana berfikir mahasiswa dengan mendapat pengalaman langsung terjun di lapangan. Dengan begitu, setelah mereka lulus sudah siap untuk bekerja,” imbuh rektor dua periode itu.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Tuban, Ketua DPRD Tuban, M. Miyadi memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas diselenggarakannya kegiatan Goes to Campus yang dimotori PWI Tuban.

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat positif karena berdampak baik bagi mahasiswa agar mampu memberikan informasi yang bermanfaat. Sehingga hal itu dapat membendung isu hoaks yang kerap berkembang di tengah-tengah masyarakat.

“Sebenarnya yang berhak menyampaikan hal ini adalah mas Bupati Tuban, tapi beliau tidak bisa hadir karena menghadiri acara dengan kementerian di Jakarta,” pungkasnya. (rohman)

Tinggalkan Balasan