Gelar Operasi Keselamatan Semeru, Polisi Tuban Bagikan Masker Gratis

0
Satlantas Polres Tuban ketika membagi masker kepada pengguna jalan untuk mencegah penyebaran Covid-19. (rohman)

halopantura.com Tuban – Satlantas Polres Tuban menggelar Operasi Keselamatan Semeru 2020. Dalam kegiatan itu polisi juga membagikan masker secara gratis kepada para pengguna jalan di sejumlah titik, Senin, (6/4/2020).

Operasi keselamatan itu mengedepankan aspek Pre-emtif dan Preventif. Tujuannya membantu masyarakat dalam rangka mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayah hukum Tuban.

“Operasi tersebut dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 6 sampai 19 April 2020,” ungkap Kasat Lantas Polres Tuban AKP Argo Budi Sarwono.

Ia menyampaikan Operasi Keselamatan Semeru tahun ini dikedepankan adalah fungsi lalu lintas dan sifatnya berupa imbauan serta tidak ada target tilang. Meski begitu, operasi juga akan ada tindakan hukum bagi pelanggar dan berpotensi menyebabkan laka lantas.

“Imbauan tersebut ditujukan kepada para pengguna jalan maupun masyarakat agar tetap menjaga jarak aman (Physical Distancing , red),” tambah Kasat Lantas Polres Tuban.

Selain itu, pihak kepolisian juga meminta masyarakat menggunakan masker, membudayakan pola hidup bersih dan sehat, serta rutin cuci tangan pakai sabun. Termasuk, pihaknya juga mengimbau selama pandemi untuk menunda mudik dan tetap patuhi anjuran pemerintah.

“Kita juga melaksanakan patroli skala besar dengan melibatkan Instansi terkait untuk memberikan imbauan kepada masyarakat agar jangan berkerumun dan tetap berada di rumah selama Pandemi Covid-19,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono menambahkan, operasi ini merupakan cipta kondisi (cipkon) menjelang hari Raya Idul Fitri tahun 2020 di tengah Pandemi Covid-19. Sehingga masyarakat diharapkan dapat berperan aktif untuk mematuhi peraturan dan rambu-rambu lalu lintas.

“Masyarakat juga diminta patuh imbauan pemerintah, diantaranya disarankan tidak mudik, patuh tetap dirumah dan tidak borong sembako,” pungkasnya. (rohman)

Tinggalkan Balasan