Gelorakan Semarak HUT RI ke-74, Polres Tuban Gelar Lomba Hias Gapura Antar Polsek

0
Semangat kebersamaan ketika menghiasi gapura di Polsek Senori, Polres Tuban.

halopantura.com Tuban – Polres Tuban punya cara unik untuk menyemarakkan dan menggelorakan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di tahun ini. Salah satunya dengan menggelar lomba menghias gapura yang diikuti masing-masing polsek.

Kegiatan itu disambut meriah oleh jajaran polsek dengan menghias gapura merah putih di pintu masuk. Mereka pun berlomba membuat dan mendesain gapura polsek secantik mungkin untuk menjadi jawara yang terbaik, dan memperebutkan hadiah dari Kapolres Tuban.

“Perlombaan ini untuk memerihkan dan menggelorakan hari ulang tahun ke-74 Republik Indonesia,” jelas Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono di dampingi Wakapolres dan para pejabat utama Polres Tuban, Jumat, (16/8/2019).

Kriteria penilaian perlombaan yang jadi bahan pertimbangan juri, diantara relevansi dengan tema kemerdekaan RI tentang Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia Maju. Serta dinilai terkait semangat gotong royong, kreativitas ide, kebersamaan, dan lain sebagainya.

“Indikator penilaian ada kreativitas, gotong royong, kebersamaan, dan lainnya,” tambah Kapolres Tuban.

Menurutnya, dalam perlombaan itu diambil tiga polsek terbaik dalam menghias gapura. Semua dilakukan dengan tujuan menggelorakan tema yang telah diusung Presiden Republik Indonesia.

“Perlombaan ini juga perintah bapak Kapolda Jatim untuk menggelorakan, memerihkan, dan memviralkan. Bagaimana sumber daya manusia yang unggul untuk membawa Indonesia maju, itu yang utama. Termasuk Polres jajaran juga dinilai dari tim Polda,” tegas AKBP Nanang Haryono.

Menurutnya, tadi pagi tim yang di pimpin Wakapolres telah melakukan penilaian untuk mencari tiga terbaik dan tiga terbawah dari 20 polsek yang ada di Kabupaten Tuban. Penilaian dilakukan secara terbuka dan tidak ada pilih kasih.

Hasilnya, polsek yang meraih nilai paling tinggi adalah Polsek Senori dibawah kepemimpinan AKP Musa Bakhtiar. Dengan raihan skor 586.

Kemudian peringkat kedua disabet Polsek Rengel dibawah kepemimpinan AKP Yani, meraih skor 566. Juara ketiga Polsek Tambakboyo dengan Kapolsek AKP Rukimin, skor 547.

“Itu yang terbaik dari polsek jajaran Polres Tuban, dan polsek yang mendapat nilai jelek akan mendapatkan punishment, dan masih kita atur regulasinya,” terang AKBP Nanang.

Lebih lanjut, gapura yang diperlombakan akan terpasang satu bulan ke depan. Diharapkan mampu untuk mengajak masyarakat agar meningkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap bangsa.

“Gapuran hias terpasang satu bulan. Kami Polres Tuban ikut menggelorakan dan ikut membantu Indonesia maju dengan sumber daya manusia yang unggul,” pungkasnya. (rohman)

Leave a Reply