Gua Batu Kristal Sepanjang 280 Meter Ditemukan Dilokasi Galian Tambang

0
Masyarakat ketika berusaha masuk ke dalam gua. (rohman)

halopantura.com Tuban – Warga Dusun Krajan, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Tuban dikejutkan dengan penemuan sebuah gua yang didalamnya penuh dengan dinding batu kristal. Tak hanya itu, aura mistis juga masih menyelimuti di dalam gua tersebut.

Goa yang sampai saat ini masih ramai dikunjungi warga berada di area tambang galian batu kumbung atau kapur di dusun setempat.

Pertama kali, gua tersebut ditemukan Sudaryono (33), warga setempat yang saat itu sedang menggali batu kumbung dengan menggunakan mesin Serkel, Kamis sore, (2/8/2018) sekitar pukul 15.30 Wib.

“Kita pakai mesin serkel saat mengambil batu kumbung, setelah itu ada lubang, dan itu ternyata pintu masuk gua,” kata Sudaryono ketika berada dilokasi, Jum’at, (3/8/2018).

Untuk mencapai kedalam gua, masyarakat harus masuk digalian tambang sedalam sekitar 15 meter. Setelah itu, masuk lubang yang berdiameter 0,5 meter atau seukuran orang dewasa dengan menggunakan tangga yang memiliki kedalaman sekitar 8 meter.

Di dasar gua masih terdapat lumpur tanah liat. Serta dinding-dingding gua itu terlihat hiasan batu stalagtit (batu membentuk gunungan di lantai gua) dan stalagmit (menggantung di atas dinding gua) menempel yang membuat gua itu terlihat indah.

Gua yang berbentung lorong tersebut memiliki panjang sekitar 280 meter dan lebar 50 meter, serta didalamnya juga terdapat kubangan air berbentuk persegi.

“Didalam gua ada kubangan air. Kita sediakan tangga untuk masyarakat yang ingin masuk ke dalam gua,” tambah Sudaryono yang setiap harinya bekerja sebagai penambang batu kapur.

Lebih lanjut, didalam gua yang berbentuk lorong itu tampak keindahan dari batu-batu yang melapisi seluruh dinding gua, mirip intan permata, dan kristal. Selain itu, sebagian batu stalagmit dan stalagtit memiliki motif bunga yang memiliki warna yang berbeda.

Kabar penemuan gua tersebut membuat warga desa berduyun-duyun melihat bagian dalamnya. Tak hanya itu, warga yang berada dilokasi juga mengabadikan momen itu, dan menyebar gambar keindahan bagian dalam gua melalui media sosial.

“Saya tahu gua ini dari media sosial, dan langsung datang ke sini, tadi sempat masuk,” kata Huda salah satu warga yang datang dilokasi.

Hingga saat ini masyarakat masih penasaran untuk melihat keindahan gua tersebut, dan pemilik lokasi tambang belum mengetahui nama gua tersebut. (rohman)

Masyarakat melihat keindahan salah satu dinding gua. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here