Gus Ipul Dorong Petani Menjadi Pengusaha

0
Gus Ipul (kanan) bersama Bupati Tuban, ketika di Pendopo Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Saifullah Yusuf, Wakil Gubenur Jatim mendorong para petani untuk menjadi pengusaha di sektor pertanian. Hal itu disampaikan usai acara pelantikan dan saresahan petani-nelayan sekaligus launching KUR-Kartu Tani Kabupaten Tuban, di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Sabtu, (27/1/2018).

“Kita dorong petani untuk menjadi pengusaha, jangan sampai petani menjual gabah saja, tetapi kalau bisa menjual beras premium,” kata Gus Ipul sapaan Saifullah Yusuf kepada wartawan ini.

Baginya di wilayah Jawa Timur ini memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah termasuk di sektor pertanian. Sehingga potensi itu harus dimanfaatkan para petani untuk meningkatkan perekonomiannya, terlebih saat ini juga sudah ada bantuan modal lunak buat petani dengan bunga ringan.

“Semua itu (program buat petani, red) harus dimanfaatkan dengan baik buat petani untuk menjadi seorangan pengusaha,” jelas Gus Ipul.

Lebih lanjut, Gus Ipul menegaskan jika seorang petani tidak hanya menjadi sebagai konsumen saja. Tetapi petani harus sadar mereka juga sebagai produsen di sektor pertaniaan.

“Selama ini dia (petani, red) jual gabah, setelah itu dia beli beras. Hal itu harus dirubah,” tegas Gus Ipul yang juga sebagai bakal calon Gubenur Jatim di Pilgub 2018.

Terlepas dari itu, dalam acara itu Gus Ipul juga ikut menyaksikan pengukuhan pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Tuban masa bakti 2017-2022. Pengukuhan dan pelantikan pengurus itu dilakukan oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda, di Pendopo Tuban.

Baca : https://www.halopantura.com/bupati-minta-pengurus-ktna-tuban-bermitra-dengan-pemerintah/

Pelantikan tersebut juga dihadiri Forpimda Tuban, KTNA Jatim, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tuban, ratusan perwakilan petani dan nelayan Kabupaten Tuban, dan beberapa undangan terkait lainnya.

Diharapkan pengurus baru itu mampu bermitra dengan pemerintah yang baik dan berkewajiban menjadikan petani dan nelayan maju. Hal itu ditegaskan Bupati Tuban sebelum melantik pengurus KTNA Tuban. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here