Hadir di Ospek, Wabup Tuban Berpesan Ini Kepada Mahasiswa Universitas Sunan Bonang

0
Wabup Tuban ketika memberikan motivasi kepada calon Mahasiswa Universitas Sunan Bonang Tuban. (Arief Wibowo)

halopantura.com Tuban – Wakil Bupati (Wabup) Tuban Noor Nahar Hussein, menjadi salah satu narasumber di Orientasi dan Pengenalan Kampus (Ospek) Calon Mahasiswa Universitas Sunan Bonang Tuban (USB) 2019, dilaksanakan di kampus setempat. Jumat, (20/09/2019).

Wabup memberikan motivasi kepada calon mahasiswa tentang bagaimana mengembangkan diri dalam proses belajar mengajar di tingkat perguruan tinggi.

Kegiatan itu dipandu langsung oleh ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa (PMB) USB, Choliq Qunnasih.

Wabup dihadapan peserta menyampaikan, semakin tinggi jenjang pendidikan maka ketergantungan terhadap pengajar akan semakin rendah, sehingga tingkatan mahasiswa punya kekhususan tersendiri dalam proses belajar mengajar.

“Kalau dulu di tingkat SMA sebagai siswa lebih banyak tergantung pada pengajar, tetapi mahasiswa punya kekhususan, dalam proses belajar mahasiswa punya independensi yang lebih, sehingga mampu menentukan sendiri bagaimana berproses di perguruan tinggi,” katanya.

Wabup mengatakan, meskipun belajar di universitas swasta, mahasiswa USB tidak perlu khawatir bersaing dengan universitas negeri, dalam mengembangkan diri, mahasiswa tidak boleh hanya mengandalkan materi dari dosen saja. Dengan perkembangan teknologi, mahasiswa bisa mengambil ilmu dari mana saja.

“Kalau dulu kita harus antri di perpustakaan, sekarang dengan internet kita bisa mengambil literatur mana saja untuk belajar, bahkan dari Harvard Universiti kita bisa baca literaturnya,” tambahnya.

Wabup menambahkan, menghadapi revolusi industri 4.0, mahasiswa harus mampu mengembangkan kreativitas, membangun kapasitas diri untuk menghadapi kemajuan yang semakin cepat.

“Kalau lulusan Universitas Sunan Bonang ini adalah lulusan yang unggul, yakinlah pekerjaan akan datang mencari anda,” Pungkasnya. (wib/roh)

Leave a Reply