Hari Keempat, Pendaftaran Caleg di KPU Tuban Masih Nihil

0
Ketua KPU Kabupaten Tuban, Kasmuri. (rohman)

halopantura.com Tuban – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban telah membuka pendaftaran calon anggota legislatif 2019. Namun di hari keempat pendaftaran, belum ada partai politik yang mendaftarkan calegnya.

“Sampai hari keempat ini belum ada yang mendaftar,” kata Kasmuri, Ketua KPU Tuban, Sabtu sore, (7/7/2018).

Pendaftaran bakal caleg telah dibuka sejak tanggal 4 sampai 17 Juli 2018. Serta belum adanya pendaftar sampai hari ini diduga karena parpol masih mengumpulkan dan melengkapi berkas-berkas para caleg.

“Kita tunggu (pendaftaran,red) sampai tanggal 17 Juli 2018 pukul 24.00 Wib,” ungkap Kasmuri.

KPU Tuban sendiri telah menghimbau agar partai politik untuk mendaftar lebih awal agar bisa lebih cepat diverifikasi, dan diupayakan tidak melakukan pendaftaran di akhir masa pendaftaran.

Hal ini dilakukan agar partai politik dapat memperbaiki dokumen pendaftaran bila terjadi kesalahan.

Sebatas di ketahui, sesuai PKPU 20 tahun 2018, pendaftaran hari pertama sampai dengan hari ketiga belas dimulai pukul 08.00 Wib hingga 16.00 Wib. Sedangkan hari terakhir dilaksanakan mulai pukul 08.00 Wib sampai 24.00 Wib.

Baca :https://www.halopantura.com/pendaftaran-caleg-dibuka-4-juli-setiap-dapil-wajib-30-persen-keterwakilan-perempuan/

Selain itu, salah satu syarat pengajuan bakal caleg, diajukan oleh pimpinan partai politik dari kepengurusan yang sah sesuai tingkatannya. Dengan jumlah bakal calon paling banyak 100 persen dari kursi yang telah ditetapkan setiap Dapil, dan beberapa persyaratan lainnya. (rohman)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here