Hidup Sebatang Kara, Dinsos Bojonegoro Kunjungi Mbah Taminah

0
Dinsos Bojonegoro ketika mengunjungi Mbah Taminah. (Piping Dian Permadi)

halopantura.com Bojonegoro – Mbah Taminah (78) warga miskin sebatangkara di Desa Wotanngare, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro bakal dimasukkan ke daftar 200 lansia non produktif yang mendapatkan bantuan.

Hal itu disampaikan kepala bidang (Kabid) pelayanan dan rehabilitasi sosial Dinas Sosial (Dinsos) Bojonegoro Dwi Harningsih, kepada awak media Selasa (09/01/2018). Kata dia setiap tahunya Pemkab menganggarkan bantuan untuk lansia baik yang produktif dan non produktif.

Penyaluran bantuan itu berdasarkan data yang diperoleh dinsos dari tenaga kesehatan sosial kecamatan (TKSK). ” Kita kan mendapatkan data dari TKSK, setiap tahunnya ada 200 lansia non produktif kita beri bantuan tunai,” ujar Bu Dwi sapaan akrabnya.

Bantuan untuk 200 orang lansia non produktif itu adalah untuk lansia di seluruh kabupaten Bojonegoro. Sedangkan untuk lansia yang produktif akan diberikan bekal ilmu, pelatihan serta alat produksi guna menunjang ketrampilan dalam bekerja.

Disamping itu ada pula bantuan untuk gizi bagi lansia yang juga diberikan setiap tahun.
Meski ada banyak bantuan itu, Mbah Taminah bukanlah salah satu lansia yang menerima bantuan tersebut.

” Ini nanti akan kita data, asalkan ada KTP, jadi penyalurannya langsung ke rekening yang bersangkutan,” Imbuhnya.

Besaran bantuan tersebut adalah Rp 1 juta per tahun bagi setiap lansia. Untuk seluruh Kabupaten Bojonegoro total Rp. 200 juta setiap tahunnya. (dian/roh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here