Honda Akui Tengah Siapkan SUV Murah

0

Setelah sempat mengelak, Honda akhirnya sedikit membuka mulut terkait Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru yang ingin mereka kembangkan dari platform Brio. Kabar itu benar.

“Memang benar, tapi belum tahu kapan diproduksi,” ujar Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy di sela-sela test drive Honda Odyssey di Bandung.

Dia lalu mengatakan kalau platform Brio memang sangat mungkin untuk dikembangkan menjadi berbagai produk dari berbagai segmen. Seperti Jazz yang platformnya juga digunakan oleh City, Freed dan SUV teranyar yang tahun depan akan masuk Indonesia, Vezel.

“Sangat mungkin, itu kan akan lebih efisien,” ujarnya.

“Tapi saya tidak tahu banyak. Mobilnya saja kan belum jadi. Belum juga ada pembicaraan apakah mobil itu akan masuk Indonesia atau tidak,” elaknya.

Seperti diberitakan sebelumnya, saat ini Honda diketahui tengah mengevaluasi apakah platform Honda Brio bisa digunakan untuk membangun sebuah SUV yang akan dikembangkan secara khusus untuk pasar negara berkembang.

Sebab, dengan platform Brio, mobil akan jadi relatif lebih murah dibanding mobil yang menggunakan platform Jazz dan memungkinkan Honda untuk menciptakan harga SUV yang kompetitif.

Kemungkinan pun terbuka. Sebab Honda sudah meregangkan platform ini untuk membuat sedan Amaze dan MPV Mobilio. Itu membuktikan kalau platform Brio juga fleksibel untuk digunakan di banyak model.

Namun, ada beberapa tantangan bila ingin menggunakan platform Brio ini. Insinyur Honda mengakui kalau platform itu belum mereka kembangkan untuk mengakomodasi gaya tubuh sebuah SUV. Dan karena pengembangan ini memerlukan waktu, maka tidak heran bila kemungkinan versi SUV dari Brio ini baru pada 2016 akan bisa lahir ke dunia. (syu/ddn)

Sumber : detik.com

Tinggalkan Balasan