HUT Klenteng Tuban, Tjong Ping Persoalkan Rekening Pribadi

0
Go Tjong Ping (kanan) ketika berada di Klenteng Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Mantan Ketua Umum Tempat Ibdah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban, Go Tjong Ping, merasa prihatin dengan kepanitian Hari Ulang Tahun (HUT) YM Kongco Kwan Sing Tee Koen ke 1858. Karena, umat yang ingin menyumbang untuk kegiatan itu lewat nomor rekening pribadi bukan rekening Klenteng.

Rekening tersebut atas nama Alim Sugiantoro selaku ketua Penilik Klenteng Tuban. Serta atas nama Ketua Umum Klenteng Tuban Gunawan Putra Wirawan.

“Sumbangan umat yang masuk ke rekening pribadi itu merusak nama baik Klenteng, seharusnya tidak menggunakan rekening pribadi,” ungkap Go Tjong Ping ketika berada dihalam Klenteng Tuban, Sabtu, (4/8/2018).

Kegiatan itu berlangsung selama dua hari, sejak pagi tadi telah ada kegiatan penyambutan atau peneriman Kiem Sien dari luar kota. Selanjutnya, malam hari nanti ada hiburan dihalaman klenteng dengan mendatangkan artis Bunga Citra Lestari (BCL) dan beberapa artis dari ibu kota lainnya. Hiburang itu juga bersamaan dengan acara lelang kalung Klenteng.

Pada Minggu harinya, (5/8/2018), serangkaian kegiatan itu dilanjutkan dengan upacara sembayangan bersama pukul 11.00 Wib. Setelah itu dilaksanakan kirap ritual Klenteng yang sedikitnya diikuti 60 peserta dari berbagai daerah.

Kirab dengan membawa patung dewa dari masing-masing daerah akan diarak disejumlah titik jalan Tuban. Diantaranya, melewati jalan Panglima Sudirman, WR Supratman, Basuki Rahmat, Jalan Diponegoro, lalu kembali ke klenteng.

“Peserta sudah banyak yang datang untuk mengikuti kegiatan di Klenteng, tetapi banyak yang tanya ke saya kenapa saat menyumbang harus lewat rekening pribadi, padahal itu kurang bagus dan melanggar,” beber Tjong Ping panggilan akrab mantan Ketua Klenteng dua periode itu.

Menurutnya, se-Indonesia mungkin sumbangan kegiatan dari umat yang menggunakan nomor rekening pribadi baru ada di Klenteng Tuban saja. Jika ini dibiarkan maka akan menimbulkan kepercayaan umat terhadap Klenteng Tuban berkurang.

“Persoalan ini jangan sampai dibiarkan terus. Salah satu solusinya, pengurus yang terpilih sejak tahun 2013 harus dilantik sebelum mengadakan kegiatan sebesar ini,” ungkap Tjong Ping.

Sementara itu, Gunawan Putra Wirawan Ketua Klenteng Tuban belum bisa memberikan jawaban terkait hal tersebut. Hingga berita ini selesai di tulis belum ada jawaban resmi dari panitia terkait sumbangan umat melalui rekening pribadi.

Selain itu sampai saat ini Klenteng Tuban sudah dibanjiri umat dari berbagai daerah dan masyarakat untuk menyaksikan serangkaian kegiatan. Serta petugas keamanan dari kepolisan juga telah berjaga disekitar lokasi kegiatan. (rohman)

Tinggalkan Balasan