Hutan Jati Pakah Tuban Terbakar, Warga Ikut Memadamkan Api

0
Kobaran api berada di tengah hutan jati Pakah Tuban. (rohman)

halopantura.com Tuban – Hutan pohon jati yang berada di Pakah, tepatnya di Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Tuban, terbakar pada Selasa malam, (4/7/2017). Kebakaran itu diduga akibat dari ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.

Kobaran api terus membesar dan menjalar ditengah hutan karena banyaknya daun kering yang berada di lokasi. Beruntung, api itu langsung diketahui warga sekitar dan dilaporkan kepada petugas hutan.

Berkat kerja sama antara petugas dan warga setempat, meraka berhasil memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya. Serta penyebab pasti kebakaran hutan itu belum diketahui, tetapi diduga sengaja dibakar.

“Kami masih melakukan penyelidikan penyebab pasti kebakaran itu,” kata Kepala RPH Pakah, Sumarji, ketika ikut membantu memadamkan api.

Kobaran api baru berhasil di padamkan setelah 15 menit kemudian berkat usaha beberapa warga dan petugas. Meraka membuat batas kobaran api, untuk memastikan api tidak terus menjalar di tengah hutan.

Sedangkan mobil pemadam kebakaran tidak dikerahkan di dalam lokasi karena lokasi titik api berada ditengah hutan. Beruntung kebakaran itu tidak sampai memakan korban, baik korban luka – luka atau meninggal dunia.

“Tidak ada korban jiwa, dan titik kebakarannya berada di dalam hutan dan tidak mungkin mobil pemadam menjangkaunya,” jelas Sumarji.

Kebakaran lahan hutan jati itu di perkirakan seluas satu setengah hektar lebih. Serta petugas hutan, terus siaga di lokasi di khawatirkan ada percikan api lagi. (rohman)

Tinggalkan Balasan