Ikhtiar Pemkab Tuban Menurunkan Angka Kemiskinan

1
Bupati Tuban, H. Fathul Huda ketika menyapa masyarakat kurang mampu. (rohman)

halopantura.com Tuban – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban terus berupaya untuk mengentas kemiskinan yang ada di wilayahnya. Berbagai ikhtiar Pemerintah telah dilakukan untuk menurunkan angka kemiskinan dan bisa keluar dari peringkat lima daerah termiskin se-Jatim dari hasil Sensus Ekonomi 2016 (SE 2016).

Baca : https://www.halopantura.com/peringkat-5-termiskin-se-jatim-pemkab-tuban-akui-program-tak-tepat-sasaran/

Bentuk ikhtiar Pemkab Tuban untuk mengentas kemiskinan telah dilakukan dengan berbagai cara. Hal itu di paparkan Bupati Tuban H. Fathul Huda, melalui Wakil Bupati (Wabup) Tuban Noor Nahar Hussein, Minggu, (2/7/2017).

Ikhtiar pertama yang dilakukan dengan melakukan ketepatan sasaran dalam penerima manfaat buat masyarakat yang kurang mampu. Serta melakukan verifikasi dan validasi data kemiskinan, selanjutnya akan diusulkan di Pemerintah pusat.

Hal itu sebagai upaya agar program – program sosial, khususnya pendanaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pusat dapat tepat sasaran. Selain itu, diupayakan juga alokasi bantuan sosial dan pemberdayaan masyarakat yang bersumber dari APBD Tuban maupun dana desa.

“Semua itu dilakukan dengan penerima manfaat yang jelas sesuai data dan terukur, serta sesuai targetnya,” beber Wabup Tuban yang juga politisi senior asal PKB.

Upaya yang selanjutnya dengan pemberian program perlindingan sosial dan pemberdayaan masyarakat yang difokuskan untuk program perbaikan rumah tidak layak huni dengan swakelola. Serta melalaui pendanaan secara bersama antara bantuan pemerintah pusat, Provinsi, Kabupaten dan desa serta pihak ketiga melalu bantuan CSR.

Baca : https://www.halopantura.com/bupati-tuban-minta-perusahaan-ikut-mengentas-kemiskinan/

Lebih lanjut, ikhtiar itu dilakukan dengan program keterpaduan yakni untuk kedepan akan lebih di optimalkan lagi peran stakeholder untuk duduk bersama dalam rangka membahas penaganan kemiskinan di Tuban. Hal tersebut guna terlaksana strategi dalam menurunkan angka kemiskinan.

“Kita juga meminta dukungan pihak legeslatif (aggota dewan, red). Sehingga yang menjadi harapan bersama yakni menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Tuban segeran tercapai,” tambah Wabup Tuban. (rohman)

1 KOMENTAR

  1. HANYA Kenyataan satu ini saja ini berakibat pandangan gagalnya pembangunan dan Kepemimpinan selama ini, eman memang. Sisa kepemimpinan berikutnya menjadi ujian keberhasilan selanjutnya. Silahkan berpacu dengan waktu, supaya predikat Tuban berkaitan kemiskinan di jatim tsb bisa berubah.

Tinggalkan Balasan